sign up SIGN UP

LIFE

Waspadai 4 Tanda Ini Bahwa Kamu Keracunanan Makanan

Penny Fatikasari | Sabtu, 04 Apr 2020 10:30 WIB
Waspadai 4 Tanda Ini Bahwa Kamu Keracunanan Makanan
caption
Gejalan keracunan makanan kerap kali menimbulkan masalah serius bagi yang mengalaminya. Jangan sampai 4 tanda ini kamu abaikan, padahal bisa saja kamu mengalami keracunan makanan, lho! Berikut tanda-tandanya yang wajib kamu waspadai dan segera tangani ke pihak medis!

Muncul Banyak Keringat




Foto: Istimewa

Salah satu tanda yang muncul ketika kamu mengalami keracunan makanan adalah muncul lebih banyak keringat. Hal ini sebagai gejala awal yang mungkin saja bisa timbul sebagai pertanda bahwa kamu mengalami keracunan makanan. Enggak harus tanda-tandanya langsung ke bagian pencernaan bahkan menyebabkan diare dan mual. Jangan kamu anggap sepele dan biasa-biasa saja jika muncul gejala keringat yang terlalu banyak karena hal ini bisa saja memperburuk kondisimu, lho!


Perut Kembung dan Keram




Foto: Istimewa

Gejala selanjutnya sebagai tanda bahwa kamu mengalami keracunan makanan adalah perutmu merasa kembung dan juga keram. Jika kamu merasakan perut kembung, keram dan nyeri yang begitu hebat dari biasanya dan ingin segera pergi menuju toilet, hal itu menandakan bahwa bakteri yang muncul pada pencernaan-mu sedang beraksi, bakteri-bakteri itu tentunya berasal dari makanan yang kamu makan dan mengakibatkan kondsi tubuhmu menjadi semakin lemah dan pencernaanmu terkuras.


Mual-mual




Foto: Istimewa

Salah satu tanda yang juga disebabkan akibat keracunan makanan adalah mual-mual dan muntah. Bakteri-bakteri ini pun juga beragam berdasarkan jenis makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Contohnya bakteri listeria yang sering berada pada hummus, keju maupun susu mentah.

Selain itu juga terdapat bakteri Salmonella yang biasanya terkandung dalam telur, daging unggas, buah-buahan dan sayuran mentah yang dapat menyebabkan gejala mual dan muntah dalam jangka waktu setengah hari bahkan mencapai dua hingga tiga hari lamanya.



Diare dan Dehidrasi




Foto: Istimewa

Tanda lainnya yang muncul akibat keracunan makanan adalah diare dan juga tubuh mengalami dehidrasi. Bahkan ada juga yang mengalami diare berdarah hal ini disebabkan oleh bakteri E.Coli yang dapat ditemukan pada daging sapi serta bakteri Campylobacter pada air.

Selain itu gejala lain dari keracunan makanan juga tubuh mengalami dehidrasi yang parah, maka dari itu perbanyak konsumsi banyak air mineral agar tubuhmu tetap terhidrasi dan terjaga kesehatannya. Sebaiknya atur pola makanmu dengan baik, jangan makan-makanan sembarangan, perhatikan selalu kebersihan makanan entah itu saat hendak memasak makanan atau membeli makanan di luar rumah.

Jika kamu mengalami tanda-tanda seperti diatas dan kondisimu semakin tidak memungkinkan, maka jangan tunda lagi dan segeralah pergi ke dokter agar kondisi tubuhmu tak semkain parah dan kamu akan mendapat penanganan yang tepat dari ahlinya. Tetap jaga kebersihan dan kesehatanmu, ya!


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id