sign up SIGN UP

LIFE

Wow, Ternyata Inilah Makna Sebenarnya Dibalik Nasi Tumpeng!

Susana Handoyo | Minggu, 13 Aug 2017 02:00 WIB
Wow, Ternyata Inilah Makna Sebenarnya Dibalik Nasi Tumpeng!
caption
17 Agustus biasa dirayakan dengan meriah. Hampir di setiap RT dan RW mengadakan acara yang seru. Berbagai perlombaan menyemarakkan perayaan ini. Tak lupa juga makanan khas 17 Agustus, yaitu nasi tumpeng. Nasi yang menjulang tinggi ini dimakan ramai-ramai oleh warga setempat. Ternyata ada makna tersendiri dari makanan khas ini lho, kira-kira apa ya?


 


Sejarah Kemerdekaan


Meraih kemerdekaan adalah suatu perjuangan yang tak terlupakan. Banyak pahlawan gugur demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia, baik yang dikenal maupun tak dikenal. Sebagai ungkapan rasa syukur yang mendalam, rakyat Indonesia mengadakan berbagai perayaan. Mulai dari upacara bendera, perlombaan hingga ramah tamah. Aneka kuliner selalu ada di setiap perayaan 17 Agustus, termasuk nasi tumpeng.


Foto: https://mathopalu.files.wordpress.com


 


Simbol dan Tradisi


Nasi tumpeng adalah makanan wajib yang selalu ada dalam acara ini. Nasi tumpeng sebagai ungkapan syukur dan terima kasih kepada Tuhan karena Indonesia sudah bebas dari penjajahan. Bentuknya yang kerucut menjulang ke atas sebagai simbol syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai pemberi rahmat kepada Bangsa Indonesia.

Banyaknya lauk yang tersebar di seputar nasi tumpeng melambangkan beragam suku dan etnik yang ada pada budaya Indonesia. Terdiri dari sayur dan aneka lauk, melambangkan ungkapan syukur atas rahmat Tuhan yang melimpah melalui hasil bumi di Indonesia.


Foto: https://kemanaajaboleeh.com


 


Nasi Tumpeng Pelengkap Tujuhbelasan


Menjelang acara 17 Agustus, hampir di setiap gang dihiasi dengan bendera warna warni. Gapura dicat dengan warna merah dan putih. Acara tujuhbelasan tak ramai jika tidak memotong nasi tumpeng. Dengan perkembangan jaman, bentuk nasi tidak hanya mengerucut ke atas. Ada yang berbentuk bulat dengan tiga bulatan dan ukuran yang berbeda, urut dari yang besar di bagian bawah, sedang dan ukuran kecil di bagian atas.

Sayuran yang dihias dengan berbagai bentuk yang indah, ditambah dengan aneka lauk seperti telur puyuh, tempe kering, telur dan ayam suwir, ikan asin, perkedel, sambal goreng ati ampela sampai sate ayam. Bahkan di beberapa tempat, nasinya sengaja dibuat berwarna merah dan putih, perpaduan dari beras merah dan putih. Walaupun mengalami perubahan bentuk dan lauk, nasi tumpeng tetap menjadi makanan sebagai ungkapan rasa syukur warga atas rahmat-Nya. 


Foto: source: https://www.trendterbaru.com


 


Makna dalam Pembuatan Nasi Tumpeng


Nasi tumpeng dengan bentuk yang tinggi dan beraneka lauk ini tidak dapat dibuat seorang diri. Nasi tumpeng yang akan menjadi makanan banyak warga saat 17-an ini, umumnya dibuat beramai-ramai oleh ibu-ibu PKK atau ibu-ibu di sekitar rumah, walaun sekarang ini juga banyak jasa katering yang menyediakan nasi tumpeng. Dengan kerjasama dan gotong royong, terdapat ikatan batin yang kuat untuk mengerjakan menu khas 17 Agustus ini.


Foto: https://ncc-indonesia.com


 


Makanan Sehat


Nasi tumpeng dengan aneka lauknya merupakan makanan yang sehat dan lezat. Terdapat olahan hewani dan nabati yang dapat menambah asupan gizi yang dibutuhkan bagi tubuh. Sayuran yang beraneka ragam mengandung banyak serat, sehingga melancarkan pencernaan. Jadi makanan khas 17 Agustus ini memang pas dan nikmat dikonsumsi untuk kesehatan ya, ladies!

 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id