sign up SIGN UP

3 Cara Membangun Hubungan yang Baik di Tengah Banyak Perbedaan, Bikin Hidup Lebih Tenang!

Risma Oktaviani | Selasa, 16 Nov 2021 20:00 WIB
3 Cara Membangun Hubungan yang Baik di Tengah Banyak Perbedaan, Bikin Hidup Lebih Tenang!
Cara Membangun Hubungan yang Baik di Tengah Banyak Perbedaan/Foto: Freepik.com/lookstudio

Saat mendengar kata 'toleransi' kita selalu berpikir tentang menghargai berbagai ras dan mungkin budaya. Tetapi, keragaman jauh lebih luas. Keberagaman melintasi semua aspek kehidupan kita dan memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari, salah satu contoh yang paling sederhana adalah saat kita harus menghargai perbedaan pendapat.

Dilansir dari Psychology Today, penelitian menunjukkan bahwa di sebuah kelompok kerja yang beragam menghasilkan lebih banyak pemrosesan kognitif dan lebih banyak pertukaran informasi. Keanekaragaman membawa ide dan pengalaman baru, dan orang dapat belajar dari satu sama lain. Membawa ide dan perspektif yang berbeda mengarah pada pemecahan masalah yang lebih baik. 

Ada banyak aspek budaya seperti bahasa, tradisi, norma, kepercayaan, dan adat istiadat. Terlepas dari budayanya, interaksi yang baik dengan orang yang berbeda dengan kita dibangun di atas rasa hormat, kepercayaan, dan kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif.

Berikut adalah cara menjalin hubungan yang baik dengan orang lain yang berbeda dengan kita. Simak yuk, Beauties!

Berusaha untuk Mengenal dan Memahami

mengenal dan memahami
mengenal dan memahami / freepik.com / tirachardz

Jangan berasumsi. Saat kamu baru mengenal orang baru, atau bahkan saat kamu merasa sudah kenal dekat dengan teman kamu, kamu nggak sepenuhnya mengenal siapa mereka dan memahami apa yang mereka pikirkan. Untuk itu, cobalah untuk berusaha mengenal dan memahaminya.

Sebab jika kamu telah memahami karakter mereka, akan mudah bagi kamu dalam mengambil sikap ketika berinteraksi dengan orang yang kamu anggap berbeda dari diri kamu, tanpa menyinggung atau bahkan menyakiti perasaan satu sama lain.

Tetap Berpikiran Terbuka

berpikiran terbuka
berpikiran terbuka / freepik.com / prostooleh

Salah satu cara menghargai perbedaan adalah dengan menghindari stereotip. Keberagaman meliputi jenis kelamin, ras, orientasi seksual, negara asal, dan termasuk orang-orang yang berpikir berbeda dari kamu. Saat kamu menemukan perbedaan tersebut, usahakan untuk nggak menghakimi.

Namun, usahakan menjadi orang dengan pola pikir yang terbuka. Menjadi seseorang yang berpikiran terbuka berarti kamu bersedia untuk mengakui bahwa kamu nggak tahu segalanya dan semua bukan hanya tentang kamu dan pandangan kamu yang kamu anggap benar. Kamu juga harus menerima kemungkinan bahwa kamu juga mungkin salah. 

Saling Menghargai

saling menghargai
saling menghargai / freepik.com / rawpixels

Stereotip, prasangka, dan diskriminasi yang mengganggu di masyarakat muncul ketika orang takut akan perbedaan. Menurut Mari Carmen Bennasar, PsyD, Direktur Program Kesehatan Mental Lucero Latino, dalam ekonomi global, keragaman adalah hal yang diberikan dan kesadaran budaya sangat penting.

Keanekaragaman adalah mosaik orang-orang yang beragam latar belakang, gaya, perspektif, nilai, dan keyakinannya dapat menjadi aset bagi kelompok, organisasi, dan komunitas tempat kita tinggal. 

Oleh karena itu, saat orang saling menghormati perbedaan, mereka akan menghargai keragaman. Saling menghargai juga mencegah adanya stereotip, rasisme, dan membangun kesadaran akan persatuan dalam perbedaan.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id