sign up SIGN UP

5 Hal Kecil yang Dapat Merusak Persahabatan, Jangan Sampai Dilakukan!

Meydiana Adinda | Selasa, 26 Oct 2021 23:30 WIB
5 Hal Kecil yang Dapat Merusak Persahabatan, Jangan Sampai Dilakukan!
Ilustrasi persahabatan yang sehat/foto: pexels.com/pavel-danilyuk

Persahabatan merupakan salah satu hal berharga dalam hidup kita. Seorang sahabat akan selalu ada menemani kita saat suka maupun duka. Ia pula yang mendukung kita agar selalu lebih baik. 

Dilansir dari Very Well Mind, menghabiskan waktu bersama sahabat dapat membawa kesenangan sehingga menurunkan stres yang kita alami. Tak heran, sahabat menjadi salah satu orang terpenting yang mesti dijaga.

Untuk itu, kita mesti menghargai dan menjaga persahabatan yang kita miliki dengan sebaik mungkin. Jangan sampai persahabatan kita rusak karena hal-hal sepele yang nantinya kita sesali. Apa saja hal-hal kecil yang mesti kamu hindari? Simak penjelasan berikut ini, Beauties!

1. Kurang Komunikasi

Persahabatan
Komunikasi lancar agar persahabatan awet/foto: freepik.com/racool_studio

Tak bisa dipungkiri bahwa komunikasi yang sehat dan lancar merupakan kunci dalam suatu hubungan yang sehat. Persahabatan membutuhkan interaksi yang sehat agar dapat saling belajar dan mengenal satu sama lain pada tingkat yang lebih dalam. 

Dilansir dari Betterhelp, tanpa komunikasi yang cukup kita tidak akan mungkin berhasil memenuhi kebutuhan satu sama lain. Kesibukanmu mungkin membuatmu sulit untuk meluangkan waktu untuk bercengkerama dengan sahabatmu. Meski bisa dimaklumi, sebisa mungkin ingatlah untuk menghubungi dan menemui sahabatmu agar tak semakin jauh dengannya.

2. Enggan Meminta Maaf

Persahabatan
Sulit minta maaf merusak persahabatan/foto: pexels.com/liza-summer

Setiap hubungan pasti akan mengalami konflik dan masalah. Bahkan terkadang permasalahan dipicu hanya berdasarkan hal-hal kecil, misalnya keterlambatan, janji yang tidak terpenuhi, atau kelupaan sesuatu.

Namun sayangnya, karena hal-hal yang terlihat sepele ini kita kerap lupa untuk meminta maaf kepada sang sahabat. Akhirnya, hubungan dibiarkan canggung dalam keheningan. Masalah-masalah kecil yang ditumpuk dapat menjadi bom waktu di masa depan, Beauties. Untuk itu, biasakanlah dirimu untuk bersungguh-sungguh meminta maaf atas kesalahan yang kamu perbuat. 

3. Tidak Responsif

Persahabatan
Sahabat yang responsif/foto: freepik.com/wayhomestudio

Kamu hanya berbicara tanpa mau mendengarkan sahabatmu? Atau kamu sering kurang bersimpati dalam merespon ceritanya bahkan hanya membandingkan masalahnya dengan masalahmu? Jika kamu kerap melakukan hal-hal tersebut, maka persahabatanmu bisa menjadi rapuh bahkan rusak suatu saat nanti.

Persahabatan yang ideal membutuhkan komunikasi yang sehat antar keduanya. Dilansir dari Psychology Today, komunikasi ini meliputi kemampuan lisan, kemampuan mendengarkan, kemampuan memahami ekspresi dan bahasa tubuh, hingga kemampuan untuk merespons dengan baik.

4. Menghakimi

Persahabatan
Penghakiman dalam persahabatan/foto: pexels.com/liza-summer

Terkadang kita merasa sangat akrab pada seseorang hingga tidak segan untuk menghakiminya dengan sembarangan. Menurut laman Sheer Balance, penghakiman dalam persahabatan dapat menggerogoti semangat, kepercayaan diri, dan rasa kepercayaan satu sama lain.

Sadarilah bahwa kamu dan sahabatmu bisa saja memiliki perspektif yang berbeda. Apa yang menurutmu benar, belum tentu benar menurutnya. Ini adalah hal yang wajar dan kamu mesti berpikiran terbuka untuk menerimanya. Menghakiminya dengan sembarangan bukanlah hal tepat untuk dilakukan.

5. Tidak Berinisiatif

Persahabatan
Persahabatan rapuh karena hanya menunggu/foto: pexels.com/quoc-bao

Hubungan apapun membutuhkan inisiatif antara kedua belah pihak. Jika kamu enggan berinisiatif dan hanya menunggu untuk diajak, lambat laun kamu mungkin akan kehilangan sahabatmu. 

Kita tak bisa hanya berpangku tangan dan berpikir sahabat tak akan pergi. Ingatlah bahwa hubungan yang baik membutuhkan interaksi yang seimbang agar tidak ada yang merasa berusaha sendirian.

Nah, itu dia lima hal-hal kecil yang bisa merusak persahabatanmu, Beauties. Yuk kita jaga agar tetap menjalani hubungan sehat!

-----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id