sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Perkataan yang Dapat Bantu Sahabat Hadapi Stres

Anisalestari | Rabu, 27 May 2020 07:30 WIB
5 Perkataan yang Dapat Bantu Sahabat Hadapi Stres
caption
Sahabatmu tengah stres? Kamu perlu membantunya. Salah satunya adalah dengan memberikan perkataan yang baik. Berikut 5 di antaranya!

1. Saya peduli dengan kamu


Foto: https://www.freepik.com
Langkah awal untuk bantu teman hadapi stres adalah dengan memberikan sebuah kata-kata kepedulian kepadanya. Beritahu dia bahwa kamu peduli dan dia adalah orang yang penting dalam hidupmu. Biarkan dia tahu kalau kamu akan selalu ada untuknya.

2. Saya tahu ini sulit, namun dalam hidup selalu ada harapan


Foto: https://www.freepik.com/

Saat stres, seseorang biasanya dilanda berbagai pikiran yang negatif. Cobalah bantu temanmu hadapi stres dengan memberikan pengakuan bahwa yang dialaminya memang sulit. Secara perlahan, sampaikan juga bahwa selalu ada harapan dalam kehidupan, sekecil apapun itu.

Meskipun kata-kata seperti baik untuk disampaikan, namun ada beberapa orang yang tengah stres hanya ingin didengarkan. Jika sahabatmu begitu, sampaikanlah padanya kata-kata sederhana seperti, "aku ada di sini untuk mendengarkanmu."


3. Kamu hebat


Foto: https://www.freepik.com/

Kalimat ini merupakan perkataan baik untuk temanmu yang sedang mengalami stres karena mungkin dapat membantumu kembali bersemangat. Orang yang sedang stres merasa dirinya tidak berarti dan sering memandang dirinya lebih rendah lebih buruk dari orang lain. Dia hanya memandang kelemahan yang ada dalam dirinya, dan lupa dengan kelebihannya.

Ketika seseorang lupa bahwa setiap orang memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing, akan sulit untuk melihat hidup dari sisi positif. Mengatakan bahwa sahabatmu yang tengah stres merupakan sosok yang hebat dapat membantu mengusir pikiran negatifnya, Ladies.


4. Apa yang bisa saya bantu


Foto: https://www.freepik.com/

Bantu teman hadapi stres dengan menanyakan kepadanya apa yang bisa kamu lakukan untuk membantunya. Pastikan bahwa kata-kata ini kamu sampaikan dengan sungguh-sungguh, bukan hanya cuma basa-basi. Menjadi sosok yang bisa diandalkan bisa membuat sahabatmu yang tengah stres merasa lebih baik tentang hidupnya.



5. Ayo berpelukan


Foto: https://www.freepik.com/

Bantu teman hadapi stres tak hanya bisa dilakukan dengan kata-kata, kamu bisa membuktikan kepedulianmu dengan memberikanmu pelukan hangat. Sederhana memang, namun pelukan yang hangat mungkin saja bisa meringankan beban sahabatmu. Setidaknya dia akan tahu bahwa kamu peduli dan ada di sisinya.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id