sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Bukan Saran, 5 Tanda Ini Menunjukkan Teman yang Curhat Cuma Butuh Didengarkan

Aqida Widya | Senin, 28 Jun 2021 21:00 WIB
Bukan Saran, 5 Tanda Ini Menunjukkan Teman yang Curhat Cuma Butuh Didengarkan
teman curhat / Sumber foto: unsplash.com

Sebagai sahabat sejati, tentunya kita akan berusaha memberikan saran-saran terbaik ketika ada teman yang curhat. Tapi, ternyata tidak semua teman yang curhat itu butuh saran, lho! Kenali 5 tanda ini, barangkali teman yang curhat hanya butuh didengarkan saja.

1. Terus-terusan Membantah

Mereka tidak senang ketika kamu memberikan saran
Teman sejati/Sumber foto: pexels.com

Kamu sudah berusaha memberi saran dari A sampai Z, tapi dia selalu punya alasan untuk membantah saranmu? Itu sih fix dia hanya ingin didengarkan. Sebagai sahabat sejati, kamu cukup mendengarkan dan beri respon singkat saja. Kalau dia meminta saranmu, barulah kamu berikan.

2. Semakin Bersemangat Cerita Ketika Kamu Fokus Mendengarnya

Mereka akan semangat bercerita
Fokus mendengarkan/Sumber foto: unsplash.com

Ketika teman memilih kamu sebagai tempat curhatnya, itu artinya ia percaya dan merasa nyaman ketika curhat denganmu. Apalagi kalau kamu benar-benar fokus mendengarkan ceritanya tanpa mencuri spotlight cerita. Ingatlah bahwa teman sejati adalah seorang teman yang akan selalu ada di saat kamu membutuhkannya dan paham apa yang kamu butuhkan. Saat ini temanmu hanya butuh didengarkan, jadi fokus saja mendengarkannya.


3. Selalu Menceritakan Dirinya Sendiri

Siapkan telingamu untuk mendengarkan ceritanya
Mendengarkan teman yang curhat/Sumber foto: unsplash.com

Dia berusaha menyampaikan apa yang dia rasakan dan berharap orang lain juga bisa merasakannya. Orang seperti ini juga biasanya menganggap bahwa ia adalah pihak yang benar, sementara orang lain salah. Misalnya curahan hati perempuan yang lagi merasa kecewa dan tersakiti. Mungkin kamu ingin sekali memberikan saran atau nasihat, tapi sebaiknya kamu dengarkan saja sebab percuma memberi saran dan nasihat yang ujung-ujungnya akan ditolak mentah-mentah. 

4. Selalu Bercerita dari Sudut Pandangnya

Fokus mendengarkan saat mereka bercerita
Dengarkan saat teman curhat/Sumber foto: unsplash.com

Selain menceritakan apa yang dia rasakan, biasanya orang yang hanya ingin didengarkan ini juga hanya menceritakan dari sudut pandangnya saja tanpa mau mendengarkan sudut pandang dari orang lain, termasuk kamu. Sebagai sahabat sejati, daripada kamu capek-capek memberikan sudut pandangmu, lebih baik kamu sediakan telinga saja. Toh, dia juga tidak akan menerima sudut pandangmu, kan?

5. Lebih Sensitif

Saat teman curhat mereka cenderung jadi lebih sensitif
Mereka cenderung lebih sensitif/Sumber foto: pexels.com

Tanda teman curhat hanya ingin didengar lainnya adalah dia jadi lebih sensitif. Dia tidak akan segan-segan menegur kalau kamu tidak fokus mendengarkan ceritanya atau justru mencuri spotlight cerita. 

Itulah 5 tanda teman yang curhat hanya butuh didengar, bukan diberi saran. Sebagai sahabat sejatinya, yuk, mulai sekarang lebih peka lagi saat temanmu curhat. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id