sign up SIGN UP

LIFE

Perhatian, Ini Tipe-tipe Kesepian yang Sering Dialami dan Cara Jitu Mengatasinya

Dian Aprilia | Jumat, 04 Jun 2021 18:00 WIB
Perhatian, Ini Tipe-tipe Kesepian yang Sering Dialami dan Cara Jitu Mengatasinya
Kesepian/ foto: pexels.com

Kesepian adalah kondisi dimana seseorang merasa hampa, sendiri dan tidak diinginkan orang lain. Perasaan ini tidak hanya dirasakan saat sendiri, bahkan sering dialami saat sedang berada di keramaian. Adakalanya merasa kesepian adalah hal wajar dan pernah dialmi sebagian besar orang, tetapi jika sudah disertai dengan tanda-tanda depresi maka kamu perlu segera mengatasinya.

Kesepian yang diikuti dengan tanda depresi biasanya membuat seseorang merasa tidak berharga, tidak dipedulikan oleh siapa pun, gelisah, tidak tertarik, tidak bersemangat, sulit konsentrasi dan lainnya.

Kesepian bisa dipicu oleh berbagai hal, seperti pindah sekolah atau kantor, bekerja di rumah, pindah tempat tinggal, berpisah dengan pasangan, dan hidup merantau. Namun jika diatasi dengan cara yang tepat, kesepian bisa berlalu dan kamu bisa kembali menikmati kehidupanmu.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 3 tipe-tipe kesepian yang sering dialami dan cara jitu mengatasinya.

Social Loneliness

Social Loneliness
Social Loneliness/pexels.com

Social Loneliness adalah kondisi saat kamu merasa terasing dari orang-orang di sekitarmu. Hal ini bisa ditandai dengan kamu tidak mengenal satu orang pun di kelompok sosial yang baru. Kamu juga jarang menjalin komunikasi dengan orang di lingkungan tersebut.

Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa kamu tidak cocok dalam lingkungan tersebut. Cara jitu mengatasinya adalah dengan bergabung pada komunitas sosial lainnya, komunitas hobi, komunitas teman sekolah dan lainnya yang bisa membuatmu nyaman.

Emotional Loneliness

Emotional loneliness
Emotional loneliness/pexels.com

Emotional loneliness adalah kesepian yang dialami saat berada di sekitar orang yang dikenal. Hal ini bisa dialami saat kamu ditinggalkan orang yang dekat secara emosional. Kamu merasa tidak ada keterikatan emosional dengan orang lain dan juga merasa tidak ada yang bisa jadi tempat curhat.

Kondisi ini bisa kamu atasi dengan meluangkan waktu untuk membangun komunikasi yang lebih dalam dengan orang lain. Baik dengan keluarga, sahabat, teman, pasangan dan lainnya.

Existential Loneliness

Existential Loneliness
Existential Loneliness/pexels.com

Kondisi ini terjadi saat kamu sadar bahwa kamu terlahir sendirian dan kelak akan menghadapi kematian seorang diri pula. Hal ini membuatmu sadar bahwa hidup harus berjalan terpisah dari orang lain dan merasa tidak boleh bergantung pada orang lain. Hal ini membuatmu gelisah tentang makna dan arah hidup di masa depan.

Cara jitu menghadapi kondisi ini adalah denga mengeksplorasi diri guna menemukan tujuan hidup. Cobalah untuk mengulik tujuan hidup dari diri sendiri, tokoh besar, ilmu agama, ilmu sains dan lainnya. Hal ini bisa membantumu untuk mengatasi rasa kesepian tersebut dan menempatkan dalam porsi yang tepat.

Itulah 3 jenis kesepian yang sering dialami seseorang serta cara jitu untuk mengatasinya. Mana tipe kesepian yang pernah kamu alami?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id