sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Cocok Jadi Sahabat, Ini 5 Ciri-ciri Orang yang Berempati Tinggi

Dian Aprilia | Minggu, 14 Mar 2021 22:00 WIB
Cocok Jadi Sahabat, Ini 5 Ciri-ciri Orang yang Berempati Tinggi
caption

Siapa sih yang gak pengen punya sahabat berempati tinggi? Pasti semua orang ingin punya sahabat yang bisa pengertian, tidak egois, cerdas dalam mengatur emosinya secara mandiri, dan suka menolong. Wah idaman banget sih!

Kalau punya sahabat yang seperti ini pasti sudah gak bingung lagi mau curhat ke siapa. Bukan hanya mau mendengarkan cerita kita saja, orang dengan empati tinggi juga bakal memberikan bantuan meski kita tidak meminta. Berikut 5 ciri-ciri orang yang memiliki empati tinggi:

Pendengar yang Baik

Pendengar
Pendengar/pexels.com

Orang berempati tinggi termasuk pendengar yang baik dan bisa diandalkan. Sebab mereka bisa menampung informasi apapun, baik yang tersirat maupun yang kamu sampaikan secara eksplisit. Tidak hanya melalui indera pendengaran, mereka yang memiliki empati tinggi biasanya akan menangkap informasi dari seluruh panca inderanya.

Mulai dari membaca bahasa tubuh seseorang, intonasi bicara, cara orang menatap, dan banyak lagi lainnya. Jadi punya sahabat empati tinggi itu pasti bikin kita nyaman, bahkan saat sebelum curhat apa pun.

Memahami Perasaan Orang lain

Memahami orang lain
Memahami orang lain/pexels.com

Orang yang memiliki empati tinggi akan mudah memahami perasaan orang lain. Bahkan saat orang lain menyembunyikan perasaan tersebut dari mereka. Memang hal ini tak sepenuhnya positif, karena kadangkala hal ini justru menyusahkan dan bikin orang yang empati merasa lelah karena menanggung perasaan orang di sekitarnya.

Meski begitu, ada sisi positif dari kemampuan ini. Orang dengan empati tinggi sangat berpotensi untuk membantu orang lain menemukan jati dirinya. Bahkan mereka bisa tahu apa yang orang lain rasakan, tanpa harus membuat orang tersebut berbicara.

Sensitif

Sensitif
Sensitif/pexels.com

Orang yang memiliki empati tinggi juga memiliki sensitivitas yang tinggi. Ia bisa menangkap energi-energi yang ada di sekitarnya. Jadi dia akan lebih cepat tahu jika ada orang yang sedang sedih, marah atau mengalami masalah. Jangan coba-coba deh berbohong dengan orang yang empati, karena dia lebih peka dan bisa merasakan keganjilan jika ada kebohongan. 

Memiliki Intuisi Kuat

Intuisi
Intuisi/pexels.com

Orang yang memiliki empati tinggi biasanya akan menjalani hidupnya berpijak dari intuisi. Bagi mereka, penting untuk mengembangkan intuisi dengan menyelami pikiran dan perasaan orang lain. Sebab hal ini bisa menjadi alat untuk membangun hubungan yang baik serta mengambil keputusan yang tepat.

Biasanya intuisi yang kuat ini hadir secara tiba-tiba dan saat kita sadar. Ada kalanya muncul pikiran yang menjelma dalam bentuk penglihatan, suara, sensasi dan lainnya. Kamu seolah mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang selama ini menghantuimu, atau pilihan keputusan atas masalah yang kamu hadapi.

Merasa Lelah Setelah dari Keramaian

Lelah
Lelah/pexels.com

Sayangnya, orang empati akan rentan mengalami kelelahan apalagi setelah berada di keramaian, Hal ini dikarenakan mereka memikirkan banyak hal dan menerima serta memperhatikan energi dari orang-orang di sekitarnya. Akibatnya, pikiran menjadi kewalahan dan kesulitan untuk menanggung semuanya. Energi negatif bisa membuatmu cepat lelah baik secara fisik maupun psikis.

Itulah 5 ciri-ciri orang yang memiliki empati tinggi dan cocok untuk dijadikan sahabat. Apakah kamu punya sahabat yang berempati tinggi?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id