sign up SIGN UP

Jangan Termakan Emosi Dulu! Ini Cara Elegan Hadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan

Novianty Aulia | Jumat, 13 Aug 2021 08:00 WIB
Jangan Termakan Emosi Dulu! Ini Cara Elegan Hadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan
Tindakan Elegan Menghadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan/Foto:Freepik.com/Katemangostar

Berbagai macam karakter dapat kamu temui ketika memasuki dunia kerja, mulai dari teman dengan sifat yang baik hingga rekan kerja yang sangat menyebalkan. Kesibukan pekerjaan ditambah ocehan mengganggu dari rekan kerja tentunya menjadi sebuah beban tersendiri yang harus kamu pikul ketika bekerja.

Perasaan serba salah pastinya menyelimuti kamu tatkala dihadapkan dengan kondisi tersebut. Salah sedikit saja dalam mengambil langkah, reputasi bisa ikut terancam, bahkan dapat dianggap sama buruknya dengan rekan kerja tersebut.

Lantas, tindakan seperti apa yang sebaiknya kita lakukan untuk menghadapi rekan kerja seperti itu?  Yuk, simak ulasannya berikut ini:

1. Menerapkan Batasan yang Sehat

Sebisa mungkin kamu membuat batasan yang sehat dengan rekan kerja yang menyebalkan.
Jangan terlalu dekat dan terapkan batasan yang sehat/Foto:Freepik.com/Azerbaijan_stockers


Terlalu dekat dengan seseorang yang toxic dan menyebalkan dapat mengganggu kesehatan mental diri kamu. Dilansir dari laman Very Mind Well, dikelilingi rekan kerja yang menyebalkan dapat menciptakan suasana negatif yang mempengaruhi mood dan kualitas bekerja.

Seperti halnya kamu dengan rekan kerja yang menyebalkan, ada baiknya kamu menerapkan sebuah batasan yang sehat dengan dirinya. Tak apa jika harus berhubungan, tetapi atas tuntutan pekerjaan dan sebisa mungkin mengurangi bahasan di luar hal tersebut.

Walaupun terkesan memilih teman, hal ini dapat menyelamatkanmu dari rasa stres akibat sikapnya yang sangat mengganggu.

2. Berani Bersikap Tegas

Tatkala rekan kerjamu terasa amat mengganggu, ambilah sikap tegas kepadanya.
Cara hadapi teman kerja menyebalkan: jika dirasa melewati batas, segeralah mengambil sikap tegas/Foto:Freepik.com/DCstudio


Membatasi obrolan dengan seseorang yang menyebalkan memang jadi pilihan yang tepat. Namun, bagaimana jika sikapnya sudah sampai pada tahap mengganggu pekerjaanmu? Jangan takut, segeralah mengambil tindakan yang tegas.

Beauties, ketika mendapati segala pekerjaan mulai terganggu akibat temanmu, jangan pernah ragu untuk mengambil tindakan yang tegas padanya. Bicarakanlah langsung secara empat mata mengenai hal-hal yang dirasa cukup membuat kamu tidak nyaman.

Usahakan untuk tetap mengutamakan kepala yang dingin dan jangan emosi agar masalah tidak melebar ke mana-mana.

3. Fokus pada Pekerjaan

Jangan biarkan ketidakcocokan dengan rekan kerja malah menggangu performa kamu di kantor. Fokuskan diri pada pekerjaan dan pikirkan tujuanmu kedepan.
Fokuskan pikiran pada pekerjaan serta goals milikmu/Foto:Freepik.com/Freepik


Ketidakcocokan dengan sikap rekan kerja yang menyebalkan tentunya membuat hari-hari produktif menjadi terganggu. Walaupun begitu, jangan pernah biarkan hal tersebut malah merusak kinerja yang selama ini kamu bangun ya, Beauties.

Ya, memang bukanlah hal yang mudah, tetapi apakah kamu rela jika perjuanganmu dirusak begitu saja hanya karena percekcokan dengan rekan kerja?

Oleh karena itu, teguhkan pendirianmu dan fokuskan pikiran pada goals yang ingin kamu capai dari pekerjaanmu. Kesampingkan segala hal menyebalkan tersebut dan kembalilah menjadi dirimu yang produktif dan pekerja keras.

4. Jaga Profesionalitas

Jangan bertindak gegabah dan kedepankan sikap profesionalitas sebagai seorang pekerja.
Jangan kedepankan emosi, tetap jaga profesionalitas/Foto:Freepik.com/Yanalya


Tak peduli seberapa menyebalkannya rekan kerja, jangan pernah membalasnya dengan perilaku yang menyebalkan pula. Selain tidak etis, hal ini malah membuat image kamu di kantor sama tidak baiknya dengan temanmu itu.

Sebaiknya, cobalah menahan diri dan jangan dibawa ke hati segala ocehan serta perilaku tak nyaman dari rekan kerjamu. Dikhawatirkan, kamu malah akan terbawa emosi dan justru merugikan diri kamu sendiri nantinya.

Ingat, terdapat banyak mata yang mengawasi kamu ketika kamu bersikap tidak baik di kantor. So, selalu hati-hati ya, Beauties.

5. Kendalikan Diri Kamu

Gunakanlah pemahamanmu tentang bagaimana karakteristik dirinya agar tepat dalam mengambil tindakan.
Kendalikan respon serta sikap yang kamu berikan kepadanya/Foto:Freepik.com/Tirachardz


Sudah melakukan segala pertahanan tetapi temanmu masih saja mengganggu? Daripada membuang energi, lebih baik kendalikan dahulu diri kamu sendiri.

Jika dirasa sulit untuk mengatur temanmu, langkah yang dapat kamu lakukan ialah mengendalikan bagaimana diri kamu bersikap kepadanya. Dari segala karakteristik yang telah kamu pahami darinya, ambilah tindakan yang dirasa tepat tanpa merugikan siapapun.

So Beauties, lebih baik simpanlah saja energi kamu untuk melakukan beragam hal yang lebih positif. Diam bukan berarti kalah bukan?

6. Temukan Cara Sehat Mengelola Emosi

Tak perlu melampiaskan rasa kesal kepadanya, lebih baik kamu melakukan tindakan positif untuk mengatasi stres tersebut.
Lakukan cara lain untuk mengusir stres akibat lingkungan kerja yang menyebalkan/Foto:Freepik.com/Yanalya


Alih-alih melampiaskan rasa kesal kepada rekan kerjamu yang tidak kalah menyebalkan, lebih baik kamu mencari cara lain untuk mengatasi stres berlebih akibat hal tersebut.

Dilansir dari laman Tough Nickel, membalas rekan kerja dengan hal yang sama buruknya justru malah merugikan diri kamu sendiri. Oleh karena itu lebih baik kamu melalukan tindakan positif untuk meredakan stres dan amarah terhadap rekan kerjamu.

Berjalan sebentar atau sekedar melatih pernapasan menjadi pilihan tepat untuk kamu lakukan.

Bagaimana Beauties, tertarik mencoba beberapa cara tersebut?

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id