sign up SIGN UP

Sssttt... 5 Hal Ini Tidak Boleh Kamu Lakukan Sebagai Karyawan Baru di Kantor, Bisa Kena Cap Jelek Lho!

Justina Nur | Selasa, 10 Aug 2021 18:30 WIB
Sssttt... 5 Hal Ini Tidak Boleh Kamu Lakukan Sebagai Karyawan Baru di Kantor, Bisa Kena Cap Jelek Lho!
caption

Memiliki pekerjaan baru tentu adalah hal yang menyenangkan. Akan tetapi, mulai bekerja di kantor baru terkadang menimbulkan tantangan tertentu, yang kadang membuat kita ketakutan, grogi dan canggung. 

Saat bekerja di kantor baru, tentu hal ini akan memberi kamu kesempatan untuk memulai dari awal, mempelajari hal-hal baru, menghadapi tantangan baru serta mendapatkan beberapa teman kerja baru. Hal-hal tersebut memang bagus untukmu, tetapi tentu timbul kekhawatiran apakah rekan kerja barumu akan menyambutmu dengan baik, atau apakah kinerjamu bisa membuat atasan menjadi terkesan.

Nah, agar kamu terhindar dari kesan buruk saat mulai kerja di kantor baru, kamu perlu menghindari melakukan 5 hal berikut ini, Beauties. Yuk simak!

1. Jangan Abaikan Tawaran Bantuan dari Rekan Kerja

Jangan Abaikan Tawaran Bantuan dari Rekan Kerja
Jangan Abaikan Tawaran Bantuan dari Rekan Kerja/Instagram.com/emilyinparis.realfeed

Saat kamu mendapatkan bantuan dari rekan kerja, jangan takut apalagi mengabaikan pertolongan mereka. Tenang saja, bantuan dari rekan kerja tidak akan membuat kinerjamu menurun. Selain itu, bantuan dari rekan kerja juga dapat membantumu untuk semakin mengenal dan akrab dengan mereka.

2. Jangan Menolak Undangan Makan Siang

Jangan Menolak Undangan Makan Siang
Jangan Menolak Undangan Makan Siang/Instagram.com/emilyinparis.realfeed

Cara lain untuk memulai hubungan antara rekan kerja dengan baik adalah dengan menerima undangan makan siang mereka. Hal ini karena jika seseorang mengundangmu untuk makan bersama, itu artinya mereka sedang mencoba mengenalmu lebih baik. 

Semua orang tahu bagaimana rasanya memulai pekerjaan baru. Akan tetapi, tahanlah godaan untuk segera bertemu dengan mantan rekan kerjamu, dan sebaiknya tetap berhubungan baik dengan rekan kerja barumu, tidak peduli betapa kamu merindukan rekan kerjamu di kantor lama.

3. Jangan Terjebak dalam Gosip di Kantor

Jangan Terjebak dalam Gosip di Kantor
Jangan Terjebak dalam Gosip di Kantor/Instagram.com/emilyinparis.realfeed

Baik saat makan siang atau ketika bekerja, gosip tentu kerap tersebar di tempat kerja. Kamu bisa menanggapinya dengan mendengarnya dengan baik tapi tetap tutup mulut.

Kamu bisa mengetahui informasi yang berharga, dan hal ini bisa menjadi pengalamanmu untuk langkah selanjutnya. Akan tetapi, jangan berkontribusi apapun dalam percakapan gosip tersebut. Selain itu, tetaplah ingat bahwa tidak semua yang kamu dengar itu benar.

4. Jangan Mengeluh Tentang Mantan Bos atau Rekan Kerja

Jangan Mengeluh Tentang Mantan Bos atau Rekan Kerja
Jangan Mengeluh Tentang Mantan Bos atau Rekan Kerja/Instagram.com/emilyinparis.realfeed

Ketika kamu menceritakan tentang mantan bos atau rekan kerja lamamu, meski mereka memang benar-benar sangat menjengkelkan, tetapi rekan kerja barumu belum tentu memiliki pendapat yang sama denganmu. Tak hanya itu, rekan kerja barumu juga akan bertanya-tanya, apakah kamu akan berbicara buruk tentang mereka ketika kamu berada di pekerjaan berikutnya. 

5. Jangan Bagikan Informasi Pribadi

Jangan Bagikan Informasi Pribadi
Jangan Bagikan Informasi Pribadi/Instagram.com/emilyinparis.realfeed

Saat kamu baru saja mulai kerja di kantor baru, maka sebaiknya jangan terburu-buru untuk memberikan informasi pribadimu kepada rekan kerja. Kamu masih perlu waktu untuk menentukan siapa yang akan bisa menjaga kerahasiaan informasi tersebut, dan siapa yang akan menyebarkan gosip tentangmu.

Nah, itu tadi Beauties 5 hal yang tidak boleh kamu lakukan saat baru saja bekerja di kantor baru. Semoga tips kerja di atas bisa membuatmu lebih mudah beradaptasi di lingkungan baru ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id