sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Kehilangan Teman Tanpa Sebab? Mungkin ini alasannya!

Rani Mutiara | Kamis, 20 May 2021 20:30 WIB
Kehilangan Teman Tanpa Sebab? Mungkin ini alasannya!
Contemplative Girl | Freepik.com
Jakarta -

Tiba-tiba dijauhi oleh teman dekat adalah hal yang menyakitkan. Karena selain merasa kehilangan, kita juga menjadi bingung dan bertanya-tanya mengenai alasannya. Mungkin tulisan ini akan membantumu menemukan alasannya.

Pencapaianmu Berada di Atas Mereka

Pernyataan ini mungkin akan terdengar negatif, tapi kenyataannya emang banyak yang merasa semakin sukses maka semakin banyak kehilangan teman. Hal ini bisa saja terjadi karena ada rasa iri hati ataupun minder di temanmu itu. Mereka mungkin merasa takut tersaingi ataupun merasa tidak cocok lagi berteman denganmu sehingga pelan-pelan kamu dikeluarkan dari lingkaran pertemanan. Jika sudah begini, kamu harus pandai membaca situasi apakah temanmu memang benar-benar iri dengan pencapaianmu atau hanya sekadar minder?

Jika temanmu itu iri, biarkan dia pergi sendiri. Karena tidak ada manfaatnya mempertahankan pertemanan seperti ini. Namun, jika ternyata temanmu itu merasa minder dan juga merasa tidak pantas berteman denganmu lagi, coba dekati dia kembali. Jika akhirnya temanmu ini tetap memutuskan untuk pergi, maka biarkan dia pergi menemukan circle-nya yang baru yang mungkin lebih bisa membuat dia merasa secure. 

Begitu juga dengan kamu, kamu juga perlu menemukan circle baru yang lebih positif dan suportif.

Go Up the Hill | Freepik.com
Go Up the Hill | Freepik.com

Perbedaan Prinsip dan Kebiasaan

Selain karena pencapaian, ketika kamu mulai merubah prinsip hidup dan kebiasaan kamu mengarah ke yang lebih positif, maka sebagian teman kamu bisa saja tidak bisa menerima hal itu. Mereka biasanya takut kamu ga asik lagi jika diajak ngobrol dan main bareng. Makanya jangan heran ya, jika pertemananmu semakin renggang ketika kamu lebih independen dan berprinsip.

Picnic at the Beach | Freepik.com
Picnic at the Beach | Freepik.com

Mulai Mencari Hubungan yang Lebih Sehat

Terlepas dari alasan-alasan di atas, cobalah untuk merenungkan pertemanan kalian selama ini. Apakah selama berteman kalian sudah saling mengusahakan yang terbaik? Apakah kalian sudah saling menghargai? Apakah pertemanan kalian berada di situasi yang sehat? Ketika kamu mencoba untuk merenungkan pertanyaan-pertanyaan tadi, kamu akan mulai menemukan jawaban dari kejadian ini.

Meskipun kalian terlihat baik-baik saja di awal, bisa jadi lama-kelamaan mulai merasa banyak perselisihan. Kalau temanmu pergi karena hal ini, itu tandanya kamu harus mulai belajar masuk ke hubungan yang lebih sehat karena bisa jadi temanmu juga sudah menemukan pertemanan yang lebih sesuai. Pastikan juga, kamu memperbaiki sifat-sifat jelekmu dalam pertemanan sebelumnya supaya selanjutnya tidak terulang lagi hal serupa.

Friends in the Park | Freepik.com
Friends in the Park | Freepik.com

Karena dalam kehidupan akan selalu ada yang datang dan pergi, maka kamu ga bisa mengharapkan mereka untuk tetap stay. Apapun itu alasan yang menyebabkan hubungan kalian merenggang, tetaplah terus memperbaiki diri dan jangan lupa move on, karena life must go on.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id