sign up SIGN UP

Merasa Sulit Berteman? Breakdown Satu-Satu yuk Alasannya!

Ade Irma Suryani | Senin, 01 Feb 2021 09:30 WIB
Merasa Sulit Berteman? Breakdown Satu-Satu yuk Alasannya!
caption
Jakarta -

Sebagai makhluk sosial, tentunya setiap orang pasti membutuhkan teman. Namun, ada kalanya sebagian orang mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan sosial dengan orang lain. Tentunya ada beberapa alasan yang membuat seseorang menjadi sulit untuk berteman dengan orang lain. Seperti apa? Simak ulasannya di bawah ini.

 

1. Jarang Berbicara dengan Orang Sekitar

Jarang berbicara membuat orang lain segan berbicara dengan kita.
Jarang Berbicara/freepik.com

Jika kamu jarang berbicara dengan orang-orang di sekitarmu, maka mereka pun juga tidak akan mengenalimu. Selain itu, orang-orang pun jadi segan untuk memulai percakapan denganmu. Mereka pun jadi kesulitan membangun hubungan pertemanan denganmu lantaran kamu yang kurang membuka diri.

Meski kamu termasuk orang introvert sekalipun, tidak ada salahnya jika mencoba untuk sedikit lebih terbuka dengan terlibat obrolan hangat bersama orang-orang di sekelilingmu.  

 

2. Mudah Terbawa Emosi

Mudah emosi membuat seseorang sulit mendapatkan teman.
Mudah Emosi/freepik.com

Terlalu mudah terbawa emosi saat bercanda dengan sesama teman bisa membuat orang-orang jadi malas dekat dan bergaul denganmu. Alangkah lebih baiknya jika kamu bisa sedikit lebih santai dalam menanggapi bercandaan teman.  

Asalkan bukan suatu hal serius dan penghinaan, maka tidak perlu ditanggapi terlalu serius. 

 

3. Sombong

Sombong membuat orang lain jadi malas berteman.
Sombong/freepik.com

Ketika kamu merasa lebih dibandingkan teman-teman dan orang di sekelilingmu, maka hal ini akan membuat orang-orang pun menjadi enggan untuk mendekatimu. Pasalnya, siapa yang mau berteman dengan orang yang sombong lagi membanggakan diri. 

Karena itu, kamu hanya perlu menjadi sosok pribadi yang baik, hangat, dan rendah hati dengan siapa pun. Yakinlah, karakter semacam ini akan membuat orang-orang senang berteman denganmu. 

 

4. Sering Menolak Ajakan Teman

Sering menolak ajakan teman membuat mereka jadi malas untuk berteman.
Menolak Ajakan Teman/freepik.com

Terlalu sering menolak ajakan teman bisa membuat mereka pada akhirnya menjadi semakin malas mengajakmu. Bahkan, bukannya tidak mungkin mereka pun akan mulai menjauhimu lantaran merasa tidak dihargai karena sering ditolak ajakannya olehmu. 

 

5. Terlalu Pemalu

Terlalu pemalu mbuat seseorang sulit berteman.
Pemalu/freepik.com

Tak dapat dipungkiri, sifat yang terlalu pemalu bisa membuat seseorang menjadi kesulitan untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Jika kamu terlalu pemalu, maka kamu akan sulit untuk berkenalan dan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarmu. Alhasil, kamu akan sulit mempunyai teman. 

Tidak mengapa jika kamu mencoba untuk sedikit lebih berani dalam sekedar menyapa dan terlibat obrolan kecil. Percayalah, bahwa hal tersebut tidak serumit dan sesulit yang kamu bayangkan. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id