sign up SIGN UP

LIFE

4 Manfaat Shaffron Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Lifia Mawaddah Putri | Jumat, 11 Sep 2020 12:00 WIB
4 Manfaat Shaffron Bagi Kesehatan Fisik dan Mental
caption
Jakarta -

Bunga safron belakangan ini cukup ramai dibahas oleh masyarakat. Sebab, salah satu jenis rempah dari bunga crocus sativus ini memiliki banyak sekali manfaat. Selain berguna untuk perawatan kecantikan, safron juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan juga mentalmu lho! Berikut 4 manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi safron.

Mengurangi Gejala PMS

salah satu manfaat safron adalah mampu mengurangi gejala PMS.
Gejala PMS/freepik.com

Buat para wanita, pasti sering mengalami gejala fisik, emosi, dan psikologis sebelum periode menstruasi dimulai. Nah, salah satu manfaat safron adalah mampu mengurangi gejala PMS. Salah satu studi menyebutkan bahwa pada wanita dengan rentang usia 20-45 tahun yang mengonsumsi 30 mg safron setiap hari lebih efektif dibandingkan dengan plasebo dalam mengobati gejala PMS seperti iritabilitas, sakit kepala, mual, dan nyeri. Selain itu, mencium safron selama 20 menit juga bisa membantu mengurangi gejala PMS seperti rasa cemas dan menurunkan kadar hormon stres kortisol.


Mengurangi Nafsu Makan

mengonsumsi safron dapat membantu mengurangi nafsu makan. Sehingga, kamu enggak akan merasa ingin nyemil dan program dietmu pun akan lebih lancar.
Menurunkan Berat Badan/freepik.com

Masalah paling umum yang sering dialami oleh seseorang yang sedang diet adalah enggak mampu menahan rasa ingin ngemil. Nah, kalau kamu juga sering mengalami hal ini, kamu bisa memanfaatkan safron. Sebab menurut penelitian, mengonsumsi safron dapat membantu mengurangi nafsu makan. Sehingga, kamu enggak akan merasa ingin nyemil dan program dietmu pun akan lebih lancar.

Sebagai Antioksidan

Safron memiliki beragam senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan. Senyawa inilah yang bermanfaat untuk kesehatan diantaranya seperti mengurangi peradangan, bersifat antikanker, dan antidepresan.
Safron/freepik.com

Safron memiliki beragam senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan. Senyawa inilah yang bermanfaat untuk kesehatan diantaranya seperti mengurangi peradangan, bersifat antikanker, dan antidepresan. Antioksidan yang terkandung di dalam safron seperti crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol juga dipercaya mampu melindungi sel-sel tubuh dari stres dan oksidatif.

Mengobati Gejala Depresi

Sebuah studi menyatakan bahwa dengan mengonsumsi 30 mg safron setiap hari, hal ini sama efektifnya dengan fluoxetine, imipramine, dan citalopam, semacam pengobatan konvensional untuk depresi.
Mengobati Depresi/freepik.com

Seperti yang sudah disebutkan, safron bukan hanya baik untuk kesehatan fisik, namun juga bermanfaat sebagai antidepresan. Sebuah studi menyatakan bahwa dengan mengonsumsi 30 mg safron setiap hari, hal ini sama efektifnya dengan fluoxetine, imipramine, dan citalopam, semacam pengobatan konvensional untuk depresi. Meskipun masih diperlukan lebih bayak penelitian untuk hal ini, tapi kelopak safron bisa mengurangi gejala depresi ringan hingga sedang yang dialami oleh seseorang.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id