sign up SIGN UP

5 Cara Cegah Batu Ginjal, Penyakit yang Sempat Dialami Anang Hermansyah

Raudiya Nurfadilah H | Senin, 28 Jun 2021 11:00 WIB
5 Cara Cegah Batu Ginjal, Penyakit yang Sempat Dialami Anang Hermansyah
caption

Baru-baru ini musisi ternama Indonesia Anang Hermansyah dikabarkan telah menjalani operasi batu ginjal dan masih dalam masa pemulihan. Menurut sang istri, Ashanty, diketahui bahwa Anang Hermansyah memang jarang mengonsumsi air putih.

“Jadi dari awal aku kenal dia emang jarang minum air putih ya. Nah dia dari dulu, zaman muda, kayak anak-anak sekarang ‘kan mana aware minum air putih,” ungkap Ashanty yang dikutip dari Detik Hot.

Penyakit batu ginjal bisa terjadi oleh siapa saja melalui banyak faktor dan salah satunya karena kurang minum air putih. Tentunya kamu gak mau kan terkena batu ginjal? oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan tubuh dengan menjalankan pola hidup yang sehat.

Dikutip dari Healthline, berikut ini beberapa cara untuk mencegah batu ginjal.

Tetap terhidrasi

Para peneliti menganjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau sekira 2 liter setiap hari
Rajin minum air putih/Pexels.com

Minum banyak air adalah cara terbaik untuk mencegah batu ginjal. Jika air putih yang kamu minum sedikit, maka urine yang dikeluarkan pun akan sedikit. Artinya, urine yang dikeluarkan akan berwarna lebih pekat dan tidak melarutkan garam yang akhirnya menyebabkan batu.

Para peneliti menganjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau sekitar 2 liter setiap hari. Tetapi jika kamu sedang melakukan olahraga atau pekerjaan yang berat, maka air yang diminum harus lebih banyak.

Banyak makan yang kaya kalsium

memakan makanan yang kaya akan kalsium seperti susu rendah lemak, keju rendah lemak, dan yogurt rendah lemak
Susu bisa mencegah batu ginjal/Pexels.com

Diet yang rendah kalsium dapat menyebabkan risiko terkena batu ginjal dan osteoporosis. Untuk mencegahnya kamu harus memakan makanan yang kaya akan kalsium seperti susu rendah lemak, keju rendah lemak, dan yogurt rendah lemak.

Hindari suplemen vitamin C dosis tinggi

mengonsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi berisiko terjadinya pembentukan batu ginjal
Kurangi mengonsumsi suplemen vitamin C/Pexels.com

Salah satu penyebab terjadinya batu ginjal dan terutama pada pria, yakni mengonsumsi suplemen vitamin C. Menurut salah satu studi 2013, pria yang mengonsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi berisiko terjadinya pembentukan batu ginjal.

Makan sedikit protein hewani

makanan dengan protein hewani dapat meningkatkan asam urine yang bisa menyebabkan asam urat dan batu ginjal kalsium oksalat
kurangi konsumsi protein hewani/Pexels.com

Batu kalsium merupakan salah satu jenis batu yang menyebabkan seseorang mengalami batu ginjal. Makanan yang tinggi protein hewani memiliki sifat asam dan berisiko meningkatkan asam pada urine. Hal ini bisa menyebabkan asam urat, juga batu ginjal kalsium (oksalat). Makanan yang memiliki protein hewani yakni daging sapi, ikan, dan daging hewan unggas.

Makan sedikit makanan yang mengandung oksalat

Beberapa batu ginjal terbuat dari oksalat, senyawa alami yang ditemukan dalam makanan yang mengikat kalsium dalam urine
Kurangi konsumsi makanan yang kaya oksalat/Pexels.com

Beberapa batu ginjal terbuat dari oksalat, senyawa alami yang ditemukan dalam makanan yang mengikat kalsium dalam urine untuk membentuk batu ginjal. Dengan mengurangi konsumsi makanan yang kaya oksalat, dapat membantu mencegah pembentukan batu di antaranya bayam, coklat, ubi jalar, kopi, kacang-kacangan, dan kedelai.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id