sign up SIGN UP

Hindari! Ini 4 Efek Samping Minum Vitamin C Secara Berlebihan

Lifia Mawaddah Putri | Minggu, 09 May 2021 11:30 WIB
Hindari! Ini 4 Efek Samping Minum Vitamin C Secara Berlebihan
caption

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang harus terpenuhi. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Kegunaan vitamin C pun begitu banyak. Misalnya seperti meningkatkan kekebalan tubuh, melawan infeksi, menjaga kesehatan jantung, hingga mencegah kerusakan otak. Namun ternyata, kelebihan vitamin C justru akan mendatangkan efek yang sebaliknya lho.

Menurut penelitian dalam Journal of the American Medical Association (JAMA), tubuhmu hanya mampu mencerna 200 mg vitamin C setiap harinya. Lebih dari itu, vitamin C enggak akan diserap dan tak ada gunanya. Jadi, kamu enggak butuh mengonsumsi vitamin C 1000 mg setiap hari. Yuk simak 4 bahayanya berikut ini!

Memicu Timbulnya Batu Ginjal

Berbeda dari vitamin yang lain, mengonsumsi vitamin C berlebihan enggak akan membuat vitamin C menumpuk di dalam tubuh.
Sakit Punggung/freepik.com

Berbeda dari vitamin yang lain, mengonsumsi vitamin C berlebihan enggak akan membuat vitamin C menumpuk di dalam tubuh. Sebab, kelebihan vitamin C akan dikeluarkan dalam bentuk oksalat bersama urin. Tapi pada beberapa situasi, oksalat bisa terikat dengan mineral yang kemudian akan membentuk Kristal dan berubah menjadi batu ginjal.

Gangguan Pencernaan

Mengonsumsi vitamin C secara berlebihan juga bisa mengganggu pencernaanmu.
Sakit Perut/freepik.com

Mengonsumsi vitamin C secara berlebihan juga bisa mengganggu pencernaanmu. Misalnya seperti kondisi diare atau mual. Overdosis vitamin C juga diyakini dapat menyebabkan penyakit asam lambung. Hanya saja, pernyataan ini masih belum bisa dibuktikan sepenuhnya oleh para ahli. Kalau kamu mengalami gangguan pencernaan dan sedang mengonsumsi suplemen vitamin C, sebaiknya kurangilah dosisnya atau hentikan pemakaian.

Zat Besi Terlalu Tinggi

Vitamin C dalam dosis cukup dapat berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi non-heme.
Pasien/freepik.com

Vitamin C dalam dosis cukup dapat berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi non-heme. Jenis zat besi ini berasal dari tumbuhan. Jika seseorang berisiko mengalami penumpukan zat besi atau hemochromatosis, suplemen zat besi tidak disarankan untuk dikonsumsi. Alasannya karena kelebihan mineral dapat memicu masalah pada jantung, pankreas, kelenjar tiroid, hati, dan sistem saraf pusat.

Gula Darah Naik

Minuman kemasan tersebut mengandung gula atau pemanis buatan yang cukup tinggi. Sehingga, mengonsumsinya setiap hari dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat.
Diabetes/freepik.com

Bukan hanya dengan suplemen, beberapa orang mengonsumsi vitamin C dengan meminum sebotol minuman vitamin C 1000 mg setiap hari. Namun justru, hal ini enggak baik bagi kesehatan tubuh lho, Beautynesian. Minuman kemasan tersebut mengandung gula atau pemanis buatan yang cukup tinggi. Sehingga, mengonsumsinya setiap hari dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id