sign up SIGN UP

LIFE

5 Cara Mengelola Stres dengan Baik yang Perlu Kamu Ketahui

Ade Irma Suryani | Rabu, 30 Sep 2020 21:00 WIB
5 Cara Mengelola Stres dengan Baik yang Perlu Kamu Ketahui
caption
Jakarta -

Hidup memang tak bisa lepas dari yang namanya "stres". Banyak hal yang bisa membuat seseorang mengalami stres, baik itu masalah pekerjaan, masalah keluarga, atau lainnya. Meskipun stres tak dapat dihindari, namun tetap bisa dikelola dengan baik. Berikut cara mengelola stres dengan baik yang perlu kamu ketahui.

 

1. Hiduplah untuk Saat Ini dengan Baik

Fokuslah untuk kehidupan saat ini.
Hiduplah untuk Saat Ini dengan Baik/Pexels.com

Jika tekanan yang kamu alami saat ini bermula dari kejadian di masa lalu yang masih menyisakan kesedihan, maka sudah saatnya kamu berusaha untuk melupakannya secara perlahan demi kehidupan yang baik untuk saat ini. Sadarilah, sekeras apapun kamu menyesali kejadian masa lalu, itu semua tidak akan mengembalikan apapun kecuali pelajaran berharga yang bisa diambil. Begitu juga dengan masa depan, jangan biarkan semangat hidupmu saat ini menjadi redup hanya karena mencemaskan apa yang terjadi di masa depan. 

Mulailah untuk menjalani kehidupan saat ini dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat. Yakinlah, ketika kamu mulai fokus menjalani kehidupan saat ini dengan cara yang baik dan sehat, maka hidupmu akan jauh lebih bahagia dan bebas dari tekanan-tekanan yang tidak semestinya.

 

2. Beristirahat dari Media Sosial

Istirahatlah dari media sosial untuk mengurangi tekanan.
Beristirahat dari Media Sosial/Pexels.com

Tak dapat dipungkiri, terlalu sering menggunakan media sosial bisa membuat seseorang menjadi rentan stres hingga mengalami gangguan kesehatan mental. Hal tersebut tak lain karena media sosial kerap membuat banyak penggunanya mengalami kecemburuan sosial.

Karena itu, penting bagimu untuk bisa beristirahat dari medial sosial secara teratur dan dari hal-hal yang kurang penting. Buatlah batasan waktu dalam menggunakan media sosial. Jangan biarkan pekerjaan dan waktu tidurmu terganggu hanya karena selalu tergoda untuk sekedar melihat isi beranda di sosial media.

 

3. Curahkan Isi Perasaan yang Terpendam

Perasaan yang terus dipendam dapat membuat stres.
Curahkan Isi Perasaan yang Terpendam/Pexels.com  

Terus-menerus memendam perasaan yang mengganggu, tentu saja bisa membuat seseorang mudah mengalami stres. Jika beban yang kamu miliki sudah begitu menumpuk, alangkah baiknya jika kamu mulai mencurahkan isi perasaanmu pada orang terdekatmu atau bahkan psikolog.

Selain itu, kamu pun juga bisa mencurahkan segala isi perasaanmu dengan cara menulis di buku harian. Di samping itu menulis juga bisa menjadi terapi bagi jiwamu. Tentunya hal ini akan sangat membantu untuk mengurangi beban stres yang sedang kamu hadapi.

 

4. Olahraga

Olahraga dapat membantu meredakan stres.
Olahraga/Pexels.com       

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik saja, olahraga juga sangat bermanfaat dalam meredakan stres yang sedang kamu alami. Jadi, tetaplah menyempatkan diri untuk berolahraga di samping rutinitas yang sedang kamu jalani. Kamu dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau jogging di pagi hari sebelum berangkat ke kantor. 

Dengan membiasakan diri berolahraga secara rutin, maka suasana hatimu akan menjadi jauh lebih baik dan lebih mudah dalam mengatasi stres.

 

5. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup agar dapat dengan mudah mengatasi stres.
Tidur yang Cukup/Pexels.com 

Terus-menerus menjalani rutinitas yang begitu padat seharian akan membuat tubuh menjadi lelah dan mudah stres. Karena itulah sangat penting bagimu untuk menjaga kualitas tidur dengan baik. Cobalah untuk tidur yang cukup selama 7-8 jam sehari. 

Menjaga kualitas tidur dengan baik akan membuat tubuhmu lebih segar dan bersemangat keesokan harinya. Hal ini sendiri sangat penting agar kamu lebih siap menjalani aktivitas dengan baik. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id