sign up SIGN UP

LIFE

5 Kiat Mudah yang Perlu Dilakukan untuk Mencegah Plak pada Gigi

Budi Rahmah Panjaitan | Rabu, 21 Jul 2021 17:00 WIB
5 Kiat Mudah yang Perlu Dilakukan untuk Mencegah Plak pada Gigi
Kiat yang perlu diterapkan untuk mencegah plak pada gigi/ Foto: Freepik.com

Plak gigi yang menumpuk merupakan salah satu penyebab terbentuknya karang gigi. Karang gigi ini dapat menyebabkan bau mulut serta permasalahan gigi dan mulut lainnya. Untuk itu, pembentukan plak ini perlu dicegah sedini mungkin.

Dikutip dari Carfree Dental, penumpukan karang gigi dapat dicegah dengan mengilangkan plak dari gigi secara teratur. Bahkan, ini bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Lantas, apa saja kiat yang perlu diterapkan untuk mencegah plak pada gigi? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Sikat dengan Hati-hati dan Teratur

Menghilangkan plak gigi dengan sikat gigi teratur/ Foto: Freepik.com
Menghilangkan plak gigi dengan sikat gigi teratur/ Foto: Freepik.com

Menyikat gigi dengan benar dan teratur sangat penting diterapkan agar plak gigi tidak terbentuk. Penerapannya bisa dimulai dengan menyikat gigi setelah makan. Namun perlu diperhatikan, maksud ‘setelah makan’ di sini adalah lebih 30 menit usai makan baru kemudian menyikat gigi.

Hal ini dilakukan untuk menetralkan kembali kondisi mulut usai terpapar berbagai zat yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Saat menyikat gigi, usahakan tekanan pada setiap gigi sama sehingga kebersihannya lebih baik.

2. Gunakan Pasta Gigi Flouride

Pasta gigi flouride bantu hilangkan plak gigi yang mengganggu/ Foto: Freepik.com
Pasta gigi flouride bantu hilangkan plak gigi/ Foto: Freepik.com

Bukan rahasia lagi jika banyak pasta gigi yang di jual di pasaran mengandung flouride. Ya, hal ini bukan tanpa alasan mengingat flouride merupakan zat yang dapat memperkuat enamel gigi, serta mengurangi risiko pembusukan dari makanan dan minuman asam.

Bahkan, flouride diketahui dapat membantu gigi yang membusuk untuk sembuh dan beregenerasi.

3. Mengoleskan Kulit Jeruk pada Gigi

Mengoleskan kulit jeruk pada gigi membantu hilangkan plak gigi/ Foto: Freepik.com
Mengoleskan kulit jeruk pada gigi/ Foto: Freepik.com

Kiat menghilangkan plak gigi berikutnya ini terbilang sederhana. Caranya dengan mengoleskan kulit jeruk pada gigi. Hal ini dapat membantu melawan mikroorganisme pembentuk karang gigi pada email gigi.

Selain dengan cara oles, Beauties juga bisa menumbuk kulit jeruk dan kemudian mengoleskannya ke area yang bernoda. Biarkan selama beberapa saat dan bilas.

4. Memakan Banyak Buah dan Sayur

Mengonsumsi buah dan sayur bantu hilangkan plak gigi/ Foto: Freepik.com
Mengonsumsi buah dan sayur/ Foto: Freepik.com

Perlu diingat bahwa memakan buah dan sayur tidak hanya bagus untuk kesehatan melainkan juga bagus untuk gigi. Memakan buah dan sayur dapat membantu menghilangkan plak gigi secara alami.

Untuk itu, cobalah untuk rutin mengonsumsi buah-buahan setiap harinya. Pastikan bahwa buah tersebut dimakan langsung dengan cara dikunyah. Mengunyah langsung beberapa jenis buah-buahan bisa membantu gigi lebih kuat dan sehat.

5. Membuat Pasta Vitamin dari Bahan Alami

Pasta alami vitamin c untuk hilangkan plak gigi mudah di rumah/ Foto: Freepik.com
Pasta alami vitamin c untuk hilangkan plak gigi/ Foto: Freepik.com

Nah, satu lagi kiat yang recommended untuk diterapkan adalah membuat pasta vitamin dari bahan alami. Pasta ini akan digunakan sebagai bahan alami yang membantu mencegah munculnya plak gigi. Caranya mudah, silakan kumpulkan beberapa buah yang mengandung vitamin C seperti tomat, stroberi dan juga jeruk.

Kemudian hancurkan hingga teksturnya berubah menjadi pasta. Oleskan pada bagian gigi yang memiliki plak ataupun berpotensi untuk ditempeli plak. Diamkan selama kurang lebih 5 menit lalu bilas hingga bersih. Vitamin C ini membantu menghilangkan bakteri dan menjaga kesehatan mulut.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id