sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Bibir

Dimitrie Hardjo | Kamis, 01 Jul 2021 10:15 WIB
5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Bibir
caption
Jakarta -

Bukan hanya kulit yang perlu dirawat, tapi bibir juga perlu dijaga kesehatannya agar tidak kering, pecah - pecah, dan menghitam. Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan kita sehari - hari yang dapat merusak kondisi bibir lho, Beautynesian! Sebelum terlanjur bibir rusak, alangkah baiknya kamu mengetahui kebiasaan apa yang dapat mempengaruhi kesehatan bibirmu itu. Nah, catat dan hindari kebiasaan berikut ini agar bibirmu sentiasa sehat, ya.

1. Jarang Minum Air Putih

Jarang minum air putih.
Foto: unsplash.com

Banyak sekali manfaat air putih yang bisa kamu rasakan. Bukan cuma untuk menghidrasi tubuh, rajin minum air putih juga bisa menjaga bibir kamu tetap terhidrasi. Karena itu, selalu minum air putih minimal 8 gelas setiap hari ya!

2. Merokok

Merokok.
Merokok. Foto: unsplash.com

Kebiasaan merokok bisa merusak bibirmu juga nih, Beautynesian! Dalam sebatang rokok mengandung zat - zat kimia berbahaya, seperti tar dan nikotin, yang bukan cuma merusak tubuh, tapi bibir kamu karena zat tersebut menempel pada bibir. Alhasil, bibir kamu menjadi lebih hitam akibat kebiasaan merokok ini.

3. Tidak Menggunakan Pelembab Bibir dan SPF

Menggunakan pelembab bibir ber-SPF.
Menggunakan pelembab bibir ber-SPF. Foto: pexels.com

Pelembab tidak hanya dibutuhkan oleh kulit, tapi bibir juga butuh pelembab lho! Rajin menggunakan pelembab akan mencegah bibir kamu menjadi kering. Begitu pula dengan melindunginya dari bahaya sinar matahari. Untungnya, pelembab dengan tabir surya sangat mudah kamu temukan di pasaran. Jangan lupa reapply ya agar bibir kamu selalu lembab dan terproteksi dari sinar UV.

4. Tidak Pernah Eksfoliasi

Eksfoliasi bibir.
Eksfoliasi bibir. Foto: pexels.com

Bibir juga perlu dieksfoliasi lho agar kulit - kulit mati terangkat dan warna bibir tetap cerah dan pink. Banyak produk lip scrub yang bisa kamu temukan di drugstore. Selain itu, kamu bisa melakukan DIY dengan menggunakan gula dan madu atau cukup eksfoliasi menggunakan sikat gigi berbulu lembut. Lakukan eksfoliasi bibir setidaknya seminggu sekali agar bibir tetap sehat.

5. Malas Membersihkan Lipstick

Malas membersihkan lipstick.
Malas membersihkan lipstick. Foto: pexels.com

Sama seperti makeup di kulit yang bisa menimbulkan jerawat jika tidak dibersihkan, lipstik yang tidak dibersihkan dengan baik juga akan merusak bibir. Akibatnya, bibir jadi kering dan menghitam. Karena itu, penting sekali untuk membersihkan bibir setelah menggunakan lipstik, lip tint, atau produk - produk bibir lainnya dengan menggunakan makeup remover atau petroleum jelly.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id