sign up SIGN UP

5 Peregangan Bokong yang Harus Dilakukan Setelah Duduk Lama

Intan Dwi | Jumat, 21 May 2021 18:00 WIB
5 Peregangan Bokong yang Harus Dilakukan Setelah Duduk Lama
caption

Selama masa pandemi ini membuat banyak orang harus berkegiatan di rumah saja, terutama untuk mereka yang harus bekerja di rumah. Bekerja di rumah membuat kamu tidak bisa jauh dari kursi, meja, sofa bahkan tempat tidur.

Karena terlalu lama duduk untuk bekerja, kamu membutuhkan peregangan bokong untuk memulihkan kekakuan yang timbul karena duduk dalam waktu yang lama. Ketika kamu duduk, otot-otot di depan tubuh seperti fleksor pinggul memendek sehingga kaki kamu bisa menekuk.

Saat itu terjadi, otot di bagian belakang tubuh kamu seperti glutes kamu menjadi lebih panjang saat kamu membungkuk. Berikut ini ada lma peregangan yang bisa kamu lakukan untuk merilekskan bokong kamu.

Downward dog

Pose ini memperpanjang otot di garis belakang tubuh kamu untuk meredakan ketegangan di paha belakang, betis dan punggung bawah.
Downward dog/freepik.com

Kalau kamu seorang yang menyukai yoga, mungkin kamu mengetahui downward dog sebagai bagian dari peregangan untuk aliran kamu. Tapi itu juga bisa membantu meringankan achey glutes sebagai peregangan. Pose ini memperpanjang otot di garis belakang tubuh kamu untuk meredakan ketegangan di paha belakang, betis dan punggung bawah.

Sehingga pose ini dapat membantu mengurangi tarikan yang tidak perlu pada glutes kamu. Kamu bisa menahan pose ini dan peregangan lainnya selama empat set 30 hingga 40 detik untuk memaksimalkan gerakan.

Figure 4

Menetralkan pinggung yang tegang kamu bisa melakukan peregangan figure 4 yang serbaguna ini.  Kamu bisa melakukannya dengan berdiri, duduk atau berbaring dengan lutut ditekuk dan kaki di lantai.
Figure 4/freepik.com

Menetralkan pinggang yang tegang kamu bisa melakukan peregangan figure 4 yang serbaguna ini.  Kamu bisa melakukannya dengan berdiri, duduk atau berbaring dengan lutut ditekuk dan kaki di lantai.

Apapun posisi yang kamu pilih, mulailah dengan menempatkan pergelangan kaki kanan tepat di atas lutut kiri kamu. Kemudian tekan lutut kanan menjauh dari kamu untuk memperdalam peregangan ada fleksor pinggul dan otot bokong. Jangan lupa ulangi di sisi lain.

Pigeon pose

Jika peregangan figure 4 sudah terasa enak, tetapi kamu menginginkan sesuatu yang lebih dalam kamu bisa lakukan pigeon pose. Ini merupakan pose yoga hip-release untuk kamu.
Piheon pose/freepik.com

Jika peregangan figure 4 sudah terasa enak, tetapi kamu menginginkan sesuatu yang lebih dalam kamu bisa lakukan pigeon pose. Ini merupakan pose yoga hip-release untuk kamu. Mulailah dengan kaki kiri direntangkan di belakang kamu dan tulang kering kanan kamu sejajar dengan bagian atas matras yoga kamu.

Jika itu tidak nyaman, kamu bisa mendekatkan kaki kanan ka arah pinggul kiri lalu angkat kedua pinggul kamu ke depan untuk merasakan regangan di pinggul kamu dan bokong kamu. Kalau kamu ingin memperdalam peregangan, kamu bisa melipat tubuh bagian atas ke bawah untuk bertumpu pada lengan atau dada.

Butterfly reach

Jika merasakan bokong kaku disertai rasa nyeri punggungkamu bisa melakukan peregangan ini karena peregangan bisa membantu. Rapatkan kedua telapak kaki dan biarkan lutut terentang.
Butterfly reach/freepik.com

Apakah otot bokong kaku yang kamu rasakan disertai dengan nyeri punggung? Tapi enggak perlu khawatir, karena peregangan ini bisa membantu. Rapatkan kedua telapak kaki dan biarkan lutut terentang.

Kemudian raih tangan dan tubuh kamu ke depan sampai kamu merasakan regangan melalui punggung bawah. Kamu bisa melakukan pose ini di pagi hari sambil menarik napas dalam-dalam untuk membantu mengendurkan otot yang tegang.

Child pose

Alasan pose ini menjadi pilihan yang tepat untuk meredakan nyeri, yaitu karena ini memperpanjang punggung dan bokong untuk melawan postur tubuh yang bungkuk dan mendorong aliran darah kembali ke otot yang kaku.
Child pose/freepik.com

Alasan pose ini menjadi pilihan yang tepat untuk meredakan nyeri, yaitu karena ini memperpanjang punggung dan bokong untuk melawan postur tubuh yang bungkuk dan mendorong aliran darah kembali ke otot yang kaku. Ketika melakukan pose ini, lebih baik sambil bernapas dalam-dalam untuk membantu kamu rileks setelah seharian duduk di depan komputer.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id