sign up SIGN UP

7 Makanan Terbaik Ibu Hamil untuk Tumbuh Kembang Bayi Selama Dalam Kandungan

Raudiya Nurfadilah H | Kamis, 17 Jun 2021 19:15 WIB
7 Makanan Terbaik Ibu Hamil untuk Tumbuh Kembang Bayi Selama Dalam Kandungan
caption

Secara umum, kehamilan adalah salah satu fase yang paling membahagiakan bagi wanita. Pada fase tersebut akan terjadi perubahan, baik secara fisik maupun mental. Tetapi calon ibu biasanya akan tetap menjalani dan senantiasa melakukan yang terbaik demi sang calon buah hati.

Asupan makanan dan nutrisi untuk ibu hamil pun sebaiknya selalu diperhatikan setiap hari. Tujuannya agar kesehatan ibu dan tumbuh kembang bayi dalam kandungan tetap terjaga.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang, ibu hamil memerlukan asupan nutrisi seperti kalsium, lemak, karbohidrat, protein, asam folat, serat, vitamin C, vitamin B6 dan zat besi.

Dikutip dari Healthline, berikut ini 7 makanan terbaik ibu hamil yang harus dikonsumsi agar memenuhi kebutuhan nutrisi bagi sang buah hati.

Produk Susu

Produk susu baik dikonsumsi ibu hamil
Susu/Pixabay.com

Selama fase hamil, disarankan untuk banyak mengonsumsi ekstra protein dan kalsium untuk memenuhi kebutuhan sang buah hati, seperti yogurt, keju, dan susu. Susu merupakan sumber kalsium makanan terbaik ibu hamil karena mengandung fosfor, vitamin B, magnesium, dan seng dalam jumlah banyak.

Yogurt mengandung lebih banyak kalsium daripada kebanyakan produk susu lainnya, dan sangat bermanfaat terutama untuk kesehatan pencernaan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dibutuhkan selama kehamilan dan penting bagi pertumbuhan sang buah hati
Kacang polong/Pixabay.com

Kacang-kacangan adalah sumber serat, protein, zat besi, folat, dan kalsium nabati yang semuanya dibutuhkan selama kehamilan dan penting bagi pertumbuhan sang buah hati. Yang termasuk jenis kacang-kacangan yakni kacang polong, buncis, kacang kedelai, dan kacang tanah.

Ubi

ubi sangat penting untuk perkembangan bayi
Ubi/Pixabay.com

Ubi kaya akan beta karoten, senyawa tanaman yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sangat penting untuk perkembangan bayi. Selain mengandung beta karoten, ubi juga kaya akan serat nabati sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Telur

Telur mengandung nutrisi yang semuanya dibutuhkan ibu hamil
Telur/Pixabay.com

Telur mengandung nutrisi yang semuanya dibutuhkan ibu hamil. Telur mengandung 80 kalori, protein, berkualitas tinggi, lemak, vitamin, dan mineral.

Telur adalah sumber kolin yang penting untuk masa kehamilan, perkembangan otak bayi dan mencegah kelainan perkembangan otak dan tulang belakang.

Brokoli dan sayuran hijau

Sayuran hijau juga bisa menangkis sembelit yang dialami ibu hamil
Brokoli/Pixabay.com

Brokoli dan sayuran hijau seperti kangkung dan bayam banyak mengandung nutrisi yakni serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium. Selain bermanfaat untuk bayi, sayuran hijau juga bisa menangkis sembelit yang dialami ibu hamil.

Alpukat

Alpukat menjadi asupan yang tepat selama kehamilan
Alpukat/Pixabay.com

Alpukat adalah buah yang tinggi serat, vitamin B (terutama folat), vitamin K, kalium, vitamin E, dan vitamin C. karena alpukat mengandung lemak sehat, folat, dan potasium yang tinggi maka menjadi asupan yang tepat selama kehamilan.

Lemak sehat membantu membentuk kulit, otak, mencegah cacat tabung saraf, kelainan otak dan kelainan tulang belakang.

Itulah beberapa asupan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil, meski baik tetapi tidak perlu sampai berlebihan dalam mengonsumsinya, ya.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id