sign up SIGN UP

LIFE

Alami Kedinginan Setiap Saat? Mungkin Kamu Menderita Penyakit Ini

Astari Dewi Larasati | Minggu, 22 Nov 2020 02:00 WIB
Alami Kedinginan Setiap Saat? Mungkin Kamu Menderita Penyakit Ini
caption
Jakarta -

Jika selalu memakai selimut, memakai sweater, dan merasa kedinginan mungkin tubuh mengalami intoleransi dingin. Bahkan ada yang sampai merasakan menggigil sesekali dan merupakan respon alami serta cara tubuh menghasilkan panasnya sendiri.

Orang yang selalu merasa kedinginan setiap saat mungkin menjadi pertanda sesuatu yang lebih serius. Maka dari itu, jangan coba untuk meremehkan hal ini karena berdampak pada kesehatan tubuh. Penyakit berikut ini mungkin diderita oleh orang yang selalu merasa kedinginan.

Gangguan tiroid

Tiriod adalah kelenjar berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak pada bagian depan leher.
Gangguan tiroid/freepik.com

Salah satu alasan paling umum untuk terus menerus kedinginan adalah kelenjar tiroid yang kurang aktif atau dikenal sebagi hipotiroidisme. Tiroid adalah kelenjar berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak pada bagian depan leher.

Pada dasarnya adalah termostat tubuh dan jika tiroid mengalami gangguan maka tubuhmu akan merasa kedinginan. Ada gejala lain yang mungkin muncul, seperti kelelahan, rambut kasar, kuku rapuh, penambahan berat badan, dan rambut rontok.

Sakit saraf

Ketika sinyal terganggu oleh kerusakan saraf, manusia akan merasa kedinginan.
Sakit saraf/freepik.com

Neuropati (kerusakan saraf) dapat disebabkan oleh beberapa hal, terutama diabetes yang tidak terkontrol dengan baik. Saraf mengirimkan sinyal ke otak yang memungkinkan merasakan sensasi.

Ketika sinyal terganggu oleh kerusakan saraf, manusia akan merasa kedinginan atau gejala lain seperti nyeri, mati rasa, dan kesemutan.

Kondisi varkular

Ada dua penyakit yang bisa menyebabkan sensasi dingin, yaitu vena stastis dan vasokonstriksi.
Kondisi varkular/freepik.com

Ada dua penyakit yang bisa menyebabkan sensasi dingin, yaitu stastis vena dan vasokonstriksi. Dalam statis vena, darah menjadi terkumpul, alih-alih mengalir melalui vena ke paru-paru. Sehingga menyebabkan bagian tubuh tertentu menjadi kedinginan.

Sedangkan vasokonstriksi terjadi ketika pembuluh darah kecil menjadi menyempit sehingga mengurangi aliran darah hangat ke area tangan dan kaki.

Hipotalamus

Hipotalamus dapat terganggu oleh trauma, tumor, bahkan pengobatan.
Hipotalamus/pinterest.com/patriciacasey

Kelenjar pituitari dikenal sebagai kelenjar utama karena menentukan kapan kelenjar lain dapat bekerja atau istirahat. Disfungsi hipofosis dapat menyebabkan serangkaian gangguan hormonal dan intoleransi dingin.

Terletak di atas hipofosis adalah hipotalamus, bagian otak yang mengatur suhu tubuh yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Kelenjar ini membantu mengontrol pelepasan hormon seperti perangsang tiroid dan membantu mengalirkan darah dan lemak tubuh. Hipotalamus dapat terganggu oleh trauma, tumor, bahkan pengobatan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id