sign up SIGN UP

LIFE

Alami Peradangan yang Menyakitkan? Atasi Saja dengan Herbal dan Rempah Ini!

Astari Dewi Larasati | Minggu, 04 Apr 2021 17:45 WIB
Alami Peradangan yang Menyakitkan? Atasi Saja dengan Herbal dan Rempah Ini!
caption

Peradangan adalah cara tubuh untuk melawan infeksi dan penyembuhan. Namun dalam beberapa kondisi, peradangan bisa lebih lama daripada biasanya. Kondisi peradangan ini sudah termasuk kronis dan terkait dengan penyakit lain seperti diabetes dan kanker.

Oleh karena itu, tiap orang perlu memerhatikan makanan yang diasup. Bagi penderita peradangan bisa mengatasinya dengan mengonsumsi herbal dan rempah. Keduanya mampu mengurangi penanda inflamasi dalam darah yang kemungkinan mengurangi peradangan.

Jahe

Mengandung lebih dari 100 senyawa aktif seperti gingerol, shogaol, zingiberene, dan zingerone.
Freepik.com

Jahe merupakan bumbu masakan lezat yang mempunyai rasa manis namun pedas. Bumbu ini bisa dinikmati dengan berbagai cara dan sudah lama dijadikan sebagai pengobatan tradisional. Karena mengandung lebih dari 100 senyawa aktif seperti gingerol, shogaol, zingiberene, dan zingerone yang mampu mengatasi masalah kesehatan termasuk peradangan.

Bawang putih

Sebagian besar manfaat bawang putih bagi kesehatan berasal dari senyawa belerang.
Freepik.com

Bawang putih adalah bumbu dapur populer dengan aroma dan rasa yang kuat. Sebagian besar manfaat bawang putih bagi kesehatan berasal dari senyawa belerang seperti allicin, diallyl disulfide, dan allycysteine yang memiliki sifat anti-inflamasi. Namun, sebaiknya memilih bawang putih tua yang lebih efektif. Kalian bisa mengonsumsi dalam bentuk suplemen yang dijual di toko kesehatan.

Kunyit

Dikemas dengan lebih dari 300 senyawa aktif atau disebut kurkumin yang memiliki sifat anti-inflamasi.
Freepik.com

Bumbu yang bernama lain curcuma longa ini telah populer di India sejak zaman kuno. Dikemas dengan lebih dari 300 senyawa aktif atau disebut kurkumin yang memiliki sifat anti-inflamasi kuat. Selain itu, kurkumin bisa memblokir gen yang meningkatkan peradangan.

Kapulaga

Mengonsumsi kapulaga secara signifikan akan mengurangi timbulnya berbagai penyakit.
Freepik.com

Bumbu yang bernama lain elettaria cardamomum ini merupakan rempah-rempah asli Asia Tenggara. Kapulaga memiliki rasa manis dan pedas yang kompleks. Bagi orang yang mengonsumsi kapulaga secara signifikan akan mengurangi timbulnya berbagai penyakit termasuk peradangan. Rasa kapulaga yang kaya dan kompleks membuatnya cocok menjadi tambahan hidangan kari dan semur.

Lada hitam

Lada hitam dan senyawa aktif khususnya piperin dapat berperan dalam mengurangi peradangan.
Freepik.com

Lada hitam dikenal sebagai raja rempah-rempah karena populer di seluruh dunia. Secara tradisional, orang menggunakannya untuk mengobati kondisi kesehatan tertentu. Penelitian menunjukkan bahwa lada hitam dan senyawa aktif khususnya piperin dapat berperan dalam mengurangi peradangan dalam tubuh. Lada hitam mudah ditemukan dan cocok ditambahkan ke dalam masakan. Cobalah bumbui hidangan seperti sayuran, daging, ikan, hingga pasta.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id