sign up SIGN UP

LIFE

Aplikasi Self Healing yang Bisa Kamu Coba sebagai Alternatif Menulis Jurnal Konvensional

Dimitrie Hardjo | Senin, 11 Jan 2021 11:00 WIB
Aplikasi Self Healing yang Bisa Kamu Coba sebagai Alternatif Menulis Jurnal Konvensional
Self Healing App. Foto: freepik.com

Tahun boleh berganti, namun masa pandemi masih belum pasti kapan berakhir. Di samping itu, masa PSBB tidak hanya diperpanjang, tapi juga diperketat untuk mencegah penularan COVID-19.

Pemicu stres di masa sulit seperti ini memang semakin banyak, Ladies. Sayangnya, bertemu dengan teman untuk bersenang-senang harus kita hindari, padahal aktivitas itu bisa menjadi stress reliever yang baik.

Kita dipaksa untuk mencari alternatif lain untuk menjaga kesehatan mental diri sendiri. Banyak orang mulai berupaya untuk menulis jurnal. Journaling untuk meluapkan unek-unek memang bisa menjadi aktivitas paling ampuh untuk menjaga kesehatan mental. Tapi, bagaimana jika kamu bukan penggemar journaling

Tidak usah pusing, alternatif lain ada dalam smartphone kamu. Ini dia beberapa aplikasi yang bisa kamu download untuk self-healing.

1. Fabulous: Daily Self Care

Fabulous
Aplikasi Fabulous Daily Self Care. Foto: App Store.

Merasa overwhelmed dengan kerjaan? Mood tidak beraturan karena suntuk? Aplikasi Fabulous: Daily Motivation tidak hanya menjadi diari, tapi juga keep track kebiasaan kamu, dan menjadi personal life coach dengan cara memberikan penjelasan mengenai beberapa topik tentang kesehatan mental, hingga tutorial meditasi.

2. MindDoc

MindDoc.
Aplikasi MindDoc. Foto: App Store.

MindDoc, merupakan diari digital yang bisa tracking mood-mu. Jadi, kamu bisa menulis jurnal harian dan apa yang kamu rasakan pada hari itu. Setelah sekitar 2 minggu, maka bisa terlihat pattern mood sehingga kamu akan diberikan personalized recommendation dan edukasi mengenai keadaan mentalmu.

3. Breeze: Mood Tracker, Diary

Breeze: mood tracker, Diary.
Aplikasi Breeze: Mood tracker, Diary. Foto: App Store.

Seperti namanya, Breeze: mood tracker and diary memiliki fungsi sebagai diari yang bisa melihat mood kamu setiap harinya. Dari sini, kita bisa melihat perkembangan diri kita dalam menghadapi sebuah situasi. Aplikasi ini juga memiliki tampilan lucu dan convenient bagi para user-nya.

4. What’s Up?

What's Up?
Aplikasi What's Up? Foto: App Store.

Aplikasi What’s Up? dibuat dengan target mereka yang mengalami kesehatan mental, seperti depresi. Karena itu, fitur-fiturnya dilengkapi dengan habit tracker, edukasi breathing techniques yang berguna untuk mengontrol emosimu, dan diari digital yang bisa keep track mood kamu sehari-hari.

Menarik kan Beautynesian?

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id