sign up SIGN UP

LIFE

Awas, Ini 6 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Para Wanita Saat Diet

Dian Aprilia | Selasa, 17 Nov 2020 18:30 WIB
Awas, Ini 6 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Para Wanita Saat Diet
caption
Jakarta -

Sudah diet beberapa bulan, tapi berat badan kok nggak turun-turun ya? Apakah kamu pernah mengalami hal yang serupa? Diet memang menjadi salah satu program jitu untuk mengurangi berat badan. Namun, sayangnya banyak orang yang melakukan berbagai kesalahan baik disadari atau tidak yang membuat dietnya gagal.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 6 kesalahan fatal yang sering dilakukan para wanita saat sedang diet, termasuk tidak minum susu langsing.

Kurang Minum Air Putih

Kurang minum
Kurang minum/pexels.com

Kesalahan fatal yang pertama adalah kurang minum air putih. Ingat, jangan sepelekan minum air putih ya, sebab minum air putih memiliki peran yang besar dalam menurunkan berat badan. Sebab air putih berfungsi untuk membakar kalori dan juga mengoptimalkan metabolisme dalam tubuh.

Kurang minum air putih akan mengakibatkan jalannya metabolisme tubuh melambat dan berakibat pada terhambatnya proses pembakaran lemak. Agar tidak melewatkan minum air putih, kamu bisa bawa botol air minum kapan pun dan dimana pun sebagai pengingat konsumsi air putih harian.

Melewatkan Sarapan

Sarapan
Sarapan/pexels.com

Kesalahan fatal yang kedua adalah melewatkan sarapan. Banyak orang yang salah paham mengenai diet, mereka menilai bahwa diet adalah mengurangi frekuensi makan. Misal dari yang biasanya tiga kali makan menjadi dua kali makan.

Biasanya dilakukan dengan melewatkan sarapan pagi. Padahal, cara yang betul adalah mengurangi porsi makanan dengan tetap menjaga frekuensi makan yang sama.

Jadi saat melakukan diet, dianjurkan untuk tetap makan tiga kali dengan porsi yang lebih sedikit dari biasanya. Sebab makan teratur sebanyak tiga kali sehari bisa meningkatkan metabolisme tubuh yang otomatis akan membuat pembakaran lemak dan kalori menjadi lancar. 

Tidak Ngemil

Camilan sehat
Camilan sehat/pexels.com

Banyak yang beranggapan, tidak ngemil menjadi cara diet yang ampuh. Padahal faktanya justru sebaliknya, ngemil membantu orang yang sedang diet untuk mengontrol rasa laparnya. Dengan begitu program diet akan bisa berjalan dengan optimal.

Namun perlu diingat, kamu tetap tidak boleh ngemil sembarangan ya. Pilih makanan ringan yang kaya kandungan protein dan serat makanan sehingga bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan bisa menunda lapar.

Jangan lupa batasi porsi ngemil sesuai dengan kebutuhan agar ngemil tidak menjadi bumerang untuk program dietmu.

Mengabaikan Olahraga

Olahraga
Olahraga/pexels.com

Menurunkan berat badan tidak bisa hanya diselesaikan dengan pola makan yang teratur dan seimbang. Namun juga perlu diimbangi dengan lifestyle yang sehat pula. Mulai dari olahraga yang teratur dan juga istirahat yang cukup. Jika setiap pilar-pilar tersebut dijalani dengan baik, maka pasti program dietmu akan berhasil.

Untuk tujuan diet, olahraga bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang berkaitan dengan proses pembakaran lemak. Selain itu, olahraga memiliki beragam manfaat lainnya seperti meredakan stres, meningkatkan hormon kebahagiaan serta menjadikan tubuh lebih kuat dan bugar.

Tidak Minum Susu

Susu
Susu/pexels.com

Saat wanita sedang diet, mereka kecenderungan akan menghindari produk susu karena dipercaya membuat tubuh jadi gemuk. Padahal faktanya, tubuh akan membakar lebih banyak lemak saat kamu mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup.

Untuk itu, jangan hindari susu, sebaiknya tetap konsumsi susu langsing dan pilih produk yang non lemak dan rendah kalori untuk menunjang dietmu.

Sering Konsumsi Makanan Rendah Lemak

Yoghurt kemasan
Yoghurt kemasan/pexels.com

Makanan rendah lemak memang bagus untuk dikonsumsi orang yang sedang menjalani program diet. Namun ingat, bukan hanya lemak saja yang perlu dihindari melainkan kandungan lain yang bisa meningkatkan berat badanmu, seperti halnya gula.

Kalau rendah lemak, tapi tinggi kadar gula, ya sama aja bohong kan? Biasanya kandungan tersebut ditemui dalam produk minuman kemasan seperti yoghurt.

Itulah 6 kesalahan fatal yang sering dilakukan saat sedang menjalani program diet. Alih-alih jadi langsing, berat badanmu tetap atau malah naik. Untuk itu, jangan lakukan kesalahan itu lagi ya, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id