sign up SIGN UP

LIFE

Bahaya Psikologis Ini Bisa Intai Kamu yang Suka Selfie

Anisalestari | Selasa, 30 Jun 2020 18:00 WIB
Bahaya Psikologis Ini Bisa Intai Kamu yang Suka Selfie
caption

Wanita rata-rata suka selfie. Masalahnya, jika berlebihan melakukan selfie kamu bisa terkena bahaya psikologis ini lho, Ladies. Simak yuk!

Narsisme

Narsisme menjadi salah satu bahaya psikologis bagi yang hobi selfi
Selfie Bikin Narsis/ Foto: Freepik.com

Kondisi psikologis pertama yang bisa dialami kamu yang suka selfie adalah narsisme. Narsisme sendiri merupakan gangguan mental yang menyebabkan penderitanya hanya fokus terhadap dirinya sendiri. Orang dengan gangguan mental ini memiliki gejala selalu ingin dikagumi oleh orang lain dan merasa berhak akan hal tersebut.

Mengidap Gangguan Dismorfik

Bahaya psikologis seperti gangguan dismorfik dapat mengintai para penyuka selfi
Mengidap Gangguan Dismorfik/ Foto: Freepik.com

Hobi selfie dan mem-posting selfie tersebut ke sosial media bisa membuatmu terbiasa memiliki keinginan memperlihat sisi cantik dan sempurna dirimu. Jika dilakukan berlebihan, kebiasaan ini dapat membuatmu memiliki obsesi untuk tampil sempurna.


Obsesi tersebut selanjutnya bisa membuatmu terkena gangguan dismorfik. Gangguan dismorfik sendiri merupakan penyakit gangguan mental kronis yang membuat penderitanya tidak dapat berhenti memikirkan penampilan dari ketidaksempurnaan.

Krisis Kepercayaan Diri

Bahaya psikologis bagi penyuka selfi yaitu krisis kepercayaan diri
Krisis Kepercayaan Diri/ Foto: Freepik.com

Bahaya psikologis bagi penyuka selfie selanjutnya berkaitan dengan poin sebelumya. Jika kamu mengalami gangguan dismorfik, besar kemungkinan kamu juga dapat mengalami krisis kepercayaan diri, Ladies.

Orang yang mengalami krisis kepercayaan diri akan terus memperhatikan kekurangan yang dimiliki sehingga membuatnya jadi pribadi yang tidak percaya diri. Ketidakpercayaan diri yang berlebihan tentu akan membuat hidupmu jadi sulit, bukan?

Stres

Selfi secara berlebihan dan menguploadnya ke sosial media dapat memicu stres
Menyebabkan Stres/ Foto: Freepik.com

Saat kamu meng-upload foto selfie yang kamu anggap cantik, dengan atau tanpa kamu sadari kamu mengharapkan sejumlah like dan komentar dari orang lain. Kamu mungkin akan merasa puas mendapatkan like dan komentar yang kamu incar, namun saat itu tidak kamu dapatkan, kamu akan jadi stres dibuatnya. Pernahkah merasa seperti ini?

Kecanduan

Hobi selfi dapat menyebabkan bahaya psikologis seperti kecanduan.
 Kecanduan Selfie/ Foto: Freepik.com

Hobi selfie bisa membuatmu jadi kecanduan. Tidak semengkhawatirkan candu obat-obatan terlarang memang, namun yang namanya candu selalu tidak baik, Ladies

Ingatlah bahwa melakukan apapun secara berlebihan itu tidak baik, ya. Yuk, kurangi obsesimu terhadap foto selfie cantik agar tidak mengalami kondisi psikologis yang membahayakan kesehatan mentalmu!

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id