sign up SIGN UP

MUSLIM

Hijabers, Lakukan 5 Tips Biar Rambutmu Gak Rusak!

Lifia Mawaddah Putri | Senin, 26 Oct 2020 11:30 WIB
Hijabers, Lakukan 5 Tips Biar Rambutmu Gak Rusak!
caption
Jakarta -

Menggunakan hijab bukan berarti mengabaikan kesehatan rambut. Meskipun rambutmu enggak terlihat dan tertutup rapat, kamu juga harus memperhatikan kesehatan rambutmu. Nah, agar rambutmu tetap kuat dan sehat, Beautynesia.id telah merangkum 5 tipsnya nih. Yuk simak uraiannya di bawah ini!

Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Wanita yang berhijab pasti selalu mengikat rambutnya. Namun, jangan terlalu erat mengikatnya ya. Sebab, hal ini bisa menjadi penyebab kerusakan dan memperparah kerontokan
Mengikat Rambut/freepik.com

Wanita yang berhijab pasti selalu mengikat rambutnya. Namun, jangan terlalu erat mengikatnya ya. Sebab, hal ini bisa menjadi penyebab kerusakan dan memperparah kerontokan lho. Meskipun lebih nyaman mengikat rambut dengan erat, tapi lebih baik longgarkan ikatan tersebut agar rambutmu tetap bisa bernapas. Setelah itu jika kamu sudah tiba di rumah dan melepas hijab, maka lepaskan juga ikatan rambutmu. Biarkan rambutmu bebas dan terurai selama beberapa waktu.

Keringkan Rambut Sebelum Menggunakan Hijab

Terkadang jika sedang terburu-buru, para hijabers sering membiarkan rambutnya basah ketika mengenakan hijab. Mulai sekarang, hindarilah kebiasaan buruk ini. Karena menggunakan hijab saat rambut masih basah bisa membuat rambut rentan rusak. Eits. Menggunakan pengering rambut terlalu sering juga bukan pilihan yang tepat. Namun jika memang terdesak, aturlah suhu yang rendah atau sedang untuk meminimalisir kerusakan rambut.

Pilih Bahan yang Tepat

Pemilihan bahan hijab yang tepat juga penting. Jadi, kamu harus tahu mana kain yang ramah bagi kulit kepala dan kain yang memiliki sirkulasi udara yang baik.
Memilih Bahan Hijab/freepik.com

Pemilihan bahan hijab yang tepat juga penting. Jadi, kamu harus tahu mana kain yang ramah bagi kulit kepala dan kain yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Sehingga meskipun tertutup rapat dengan hijab, namun rambutmu tetap bisa bernapas dengan baik. Kain katun merupakan pilihan yang tepat untuk bahan hijab. Sebab, kain katun memiliki rongga yang dapat memperlancar asupan udara bagi rambut meski dalam keadaan tertutup.

Atur Jadwal Untuk Keramas

Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis. Sehingga penting untuk para hijabers mengatur jadwal keramas secara rutin. Namun bukan berarti kamu harus keramas setiap hari. Usahakanlah kamu keramas 2 kali dalam seminggu. Selain itu, jangan menggunakan air panas saat keramas ya. Kemudian, pilihlah produk sampo khusus yang bisa membantu merawat kesehatan rambutmu agar tetap kuat.

Gunakan Produk Perawatan Rambut

Selain sampo, kamu juga perlu menggunakan produk perawatan rambut lainnya. Conditioner adalah produk yang enggak bisa kamu lewatkan.
Penggunaan Conditioner/freepik.com

Selain sampo, kamu juga perlu menggunakan produk perawatan rambut lainnya. Conditioner adalah produk yang enggak bisa kamu lewatkan. Sebab dengan menggunakan conditioner, maka kelembaban rambutmu pun akan lebih terjaga. Selain conditioner, kamu juga bisa menggunakan produk perawatan rambut lainnya seperti masker serta vitamin khusus rambut.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id