sign up SIGN UP

LIFE

Belum Banyak yang Tahu, Begini Cara Memakai Masker Agar Terhindar dari Virus

LIFIA MAWADDAH PUTRI | Kamis, 18 Jun 2020 23:00 WIB
Belum Banyak yang Tahu, Begini Cara Memakai Masker Agar Terhindar dari Virus
caption
Jakarta -

Di tengah situasi pandemi virus corona seperti sekarang ini, sangat dihimbau bagi masyarakat untuk menggunakan masker saat sedang ke luar rumah. Hal ini guna mencegah penularan virus tersebut. Sebab, virus corona diklaim dapat menular melalui cairan batuk, bersin, maupun air liur. Namun, masih banyak orang yang tidak menggunakan masker dengan benar. Untuk kamu yang masih bingung, simak beberapa cara yang tepat ketika menggunakan masker berikut ini.

Tidak Menggunakannya dengan Tepat

image
Penggunaan masker/freepik.com

Banyak sekali masyarakat yang masih menggunakan masker dengan cara yang kurang tepat. Misalnya saja menggunakan masker di bawah hidung atau dagu terlihat. Padahal, cara menggunakan masker yang seperti ini enggak akan melindungimu. Sebab, jika kamu menggunakan masker di bawah hidung, hal ini justru dapat membuatmu terinfeksi melalui saluran pernapasan yang terdapat pada hidung. Selain itu, jika masker enggak menutupi dagu dengan sempurna, hal ini juga akan meningkatkan risiko penularan. Karena dagu sangat dekat dengan mulut sehingga virus pun akan mudah masuk ke dalam tubuh.


Menyentuh Masker Kain

image
penggunaan masker/freepik.com

Kesalahan lainnya yang juga sering dilakukan oleh masyarakat adalah menyentuh masker kain. Ketika kamu sedang menggunakannya, hindari untuk menyentuh masker tersebut. Hal ini dikarenakan tangan sangat rentan menjadi sumber penyakit atau virus yang menempel. Sehingga apabila kamu menyentuh masker yang sedang digunakan, justru akan meningkatkan risiko penyebaran virus tersebut. Hindari juga untuk melepas masker dengan menyentuh bagian depan ya. Jika ingin melepaskan masker, gunakan tali di sisi atau di belakang masker agar lebih aman.

Melepaskan Masker Saat Berbicara

image
penggunaan masker/freepik.com

Mungkin rasanya memang risih berbicara dengan menggunakan masker. Tapi, melepaskan masker saat sedang berbicara juga bukan cara yang tepat. Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, hindarilah untuk berbicara tanpa menggunakan masker. Sebab, virus corona diklaim dapat menular melalui droplets yang dihasilkan saat sedang berinteraksi dengan orang lain. Meskipun enggak nyaman, tetaplah gunakan maskermu saat di luar rumah dan jaga jarang dengan orang lain minimal 1 meter.

Terdapat Ruang Pada Masker

image
penggunaan masker/freepik.com

Ketika menggunakan masker, periksalah bahwa tidak ada ruang untuk udara masuk pada sisi-sisi masker. Hindari pula untuk memberi ruang udara masuk di antara wajah dan masker yang sedang kamu gunakan. Kebanyakan orang biasanya membuat rongga kecil agar tidak merasa sesak dan bisa bernapas lebih lega. Padahal rongga tersebut bisa menjadi jalan masuk bagi virus ataupun kuman lho. Jadi, pastikan agar sisi-sisi masker tersebut tertutup dengan sempurna agar menurunkan risiko penularan virus.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id