sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Terhindar Stres Saat New Normal

Esra Dopita | Rabu, 17 Jun 2020 10:26 WIB
5 Tips Terhindar Stres Saat New Normal
caption

Saat ini kita sudah memasuki new normal atau tatanan hidup baru bagi masyarakat untuk beradaptasi dengan pandemi virus corona. Sayangnya, tak semua orang bisa beradaptasi dengan mudah menghadapi new normal yang telah mengubah rutinitas.

Bahkan, proses adaptasi ini bisa menimbulkan stres serta gangguan psikologis pada beberapa orang. Mencegah hal itu, berikut ini tips terhindar stres menghadapi new normal new spirit dari berbagai sumber. 

Menerima Keadaan 


5 Cara Redam Stress Pasca Gagal Masuk PNS5 Cara Redam Stress Pasca Gagal Masuk PNS/ Foto: beautynesia

Beradaptasi dengan keadaan baru bukan hal mudah, apalagi dengan kondisi yang mengancam kesehatan. Tentu hal ini menjadi tantangan bagi banyak orang. Namun, menurut psikolog klinis Adam Borland, salah satu bagian terpenting untuk sukses beradaptasi dengan new normal adalah menerima kenyataan bahwa kondisi ini juga hal baru bagi semua orang.

Borland menyarankan agar tetap berusaha melewati proses adaptasi dengan tetap mempertahankan rutinitas harian meski hal ini sulit dan frustasi. "Ada banyak hal di luar kendali, tapi tetap harus bisa mempertahankan rutinitas harian seperti menyelesaikan tugas-tugas demi memperoleh pencapaian nyata," katanya dilansir dari Cleveland Clinic

Pertahankan Protokol Kesehatan dan Kebersihan 

Mana yang Lebih Efektif Hand Sanitizer Gel, Cair, atau Busa? Ini Jawabannya!Mana yang Lebih Efektif Hand Sanitizer Gel, Cair, atau Busa? Ini Jawabannya!/ Foto: beautynesia

Menjalani kehidupan new normal bukan berarti mengabaikan protokol kesehatan dan kebersihan. Kamu tetap menjalankan protokol kesehatan dan kebersihan yang sudah dijalankan di rumah selama masa karantina ke aktivitas di luar rumah atau lebih luas.

Misalnya, mengenakan masker saat bepergian. Usahakan mencuci tangan sesampai di kantor, rumah, atau tempat tujuan lainnya. Bawa hand sanitizer ke mana pun pergi untuk tetap menjaga kebersihan tangan. Selain itu, tetap menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi, minum vitamin, serta olahraga teratur. Apalagi olahraga mampu mengatasi stres. 

Jalin Komunikasi 

image
Menjalin komunikasi/Foto: https://wolipop.detik.com/tech-gadget/

Pandemi virus corona telah membuat sebagian besar orang merasa kesepian, bosan, hingga stres. Hal ini tak lain karena diterapkan physical distancing dan karantina mandiri yang mengharuskan orang tetap di rumah. Karena itu, Borland menyarankan agar kita tetap berkomunikasi dengan orang lain demi terhindar dari rasa bosan, sepi, juga stres.

Kamu bisa berkomunikasi lewat WhatApps atau telepon. Ceritakan keluh kesah dan hal yang dirasakan. Dengan demikian, kamu bisa lebih tenang serta tak merasa sendiri atau kesepian.

Perbanyak Tertawa dan Humor 

Tidak Selamanya Sempurna, Ini Kelebihan dan Kekurangan Tiap Zodiak Sebagai TemanTidak Selamanya Sempurna, Ini Kelebihan dan Kekurangan Tiap Zodiak Sebagai Teman/ Foto: Freepik.com


Selain menjaga komunikasi, kamu juga perlu melakukan aktivitas lucu bersama teman, pasangan, atau keluarga seperti menonton film atau acara komedi, menceritakan kejadian lucu, hingga mengirim meme lucu. Namun, tetap menerapkan physical distancing atau menjaga jarak.

Peristiwa lucu dan menyenangkan terbukti sangat berpengaruh pada kesehatan mental. Seperti diketahui, tertawa dapat mengurangi hormon kortisol atau stres dan melepas hormon kebahagiaan, seperti dopamin dan serotoni. Akibatnya, tubuh serta pikiran menjadi lebih tenang. 

Meditasi 

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental dan FisikManfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental dan Fisik/ Foto: Freepik/unsplash

Tips menghindari stres di era new normal berikutnya adalah rutin melakukan meditasi. Meditasi terbukti mampu menjaga keseimbangan emosi agar tetap tenang di tengah situasi yang penuh ketidakpastian. Terlebih, keseimbangan emosi turut mempengaruhi kesehatan fisik.

Terus mengalami stres dan khawatir bukan tak mungkin penyakit akan datang. Karena itu, lakukan meditasi kurang-lebih 15 menit pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur agar pikiran serta emosi lebih tenang juga positif. Yuk, jadikan New Normal dengan spirit yang baru! #newnormalnewspirit!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id