sign up SIGN UP

Benarkah Selesai Isolasi Mandiri Berarti Otomatis Sembuh dari Covid-19? Ini Penjelasannya

Fina Prichilia | Kamis, 12 Aug 2021 17:30 WIB
Benarkah Selesai Isolasi Mandiri Berarti Otomatis Sembuh dari Covid-19? Ini Penjelasannya
caption
Jakarta -

Beauties, kamu mungkin sering dengar penderita covid-19 maupun orang yang baru berkontak dengan pasien covid diharuskan melakukan isolasi mandiri.

Tak sedikit yang setelah isolasi, yakni kira-kira hingga 14 hari di rumah, lantas bisa kembali beraktivitas di luar seperti biasa.

Namun, apakah sudah menyelesaikan waktu isolasi artinya sudah sembuh?

salah satu peluang usaha di rumah selama masa pandemi COVID-19 yaitu menjual masker kainUsai isolasi, auto sembuh covid-19? / Foto: Pexels.com/Edmond Dantès

Sebelumnya, perlu kamu pahami dulu bahwa wajar bila pasien covid-19 membutuhkan waktu untuk benar-benar pulih.

"Ini bukan flu. Ini (covid-19) tidak akan membaik 100 persen dalam waktu 1 atau 2 minggu. Yang terjadi adalah, jika Anda mengalami kasus covid-19 yang buruk, Anda akan mencapai poin pemulihan ini (80 persen) dalam seminggu pertama. Sisa 20 persennya, Anda akan membutuhkan waktu, tapi Anda akan berlanjut memulih. Dalam 2 minggu 80 persen membaik, dan sisa 20 persennya bisa membutuhkan waktu 6 sampai 8 minggu," kata dr Faheem dalam diskusi daring Humanity First Indonesia, seperti dikutip dari detikHealth.

Menurutnya, normal bila pasien membutuhkan waktu lebih dari 1-2 minggu untuk benar-benar fit kembali, Beauties. Selama pasien tidak mengalami perburukan kondisi, itu artinya pasien tersebut tengah berproses dalam pemulihan.

Selesai Isolasi Tidak Sama dengan Sembuh

akhir-akhir ini kita sering mendengar berita ataupun cerita dari orang-orang terdekat yang masih bisa terpapar virus covid-19 meski telah melakukan vaksinPerlu tahu: Kamu dapat terpapar covid-19 meski telah divaksin./ Foto: Freepik/ Prostooleh

Kedua hal itu berbeda, Beauties. Menurut Pedoman Tatalaksana Covid-19 Edisi 3, 2020, seperti yang dirangkum Pikobar Jabar, kriteria selesai isolasi berdasarkan kasus sebagai berikut:

1. Kasus konfirmasi tanpa gejala: isolasi mandiri 10 hari sejak terkonfirmasi (+) covid-19.
2. Kasus konfirmasi dengan gejala ringan/sedang: isolasi 10 hari sejak muncul gejala + minimal 3 hari tanpa demam dan gangguan pernapasan.
3. Kasus konfirmasi dengan gejala berat/kritis di RS: RT-PCR 1x (-) + minimal 3 hari tanpa demam dan gangguan pernapasan.

[Gambas:Instagram]


Yang perlu kamu tahu, dikatakan sembuh dari covid-19 yakni selesai isolasi + penilaian menyeluruh yang hasilnya dapat ditandai dengan surat pernyataan dari dokter.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id