sign up SIGN UP

LIFE

Bikin Tidur Lebih Berkualitas, Ternyata Ini Manfaat Tidur Dalam Gelap

Rumaysha Milhania | Senin, 31 Aug 2020 21:00 WIB
Bikin Tidur Lebih Berkualitas, Ternyata Ini Manfaat Tidur Dalam Gelap
caption
Jakarta -

Menurut sebagian besar ahli, orang dewasa pada umumnya membutuhkan setidaknya 6 jam waktu untuk tidur dalam sehari. Sedangkan, waktu tidur ideal yang biasanya disarankan bagi orang dewasa adalah sekitar 8 jam. Sayangnya, bagi banyak orang mengaku bahwa tidur dalam waktu yang lama tidak memberikan banyak pengaruh terhadap performa kerja mereka. Bahkan, mereka mengaku masih merasa kelelahan setelah tidur lebih dari 8 jam. Mengapa ini terjadi?

Sayangnya, bagi banyak orang mengaku bahwa tidur dalam waktu yang lama tidak memberikan banyak pengaruh terhadap performa kerja mereka.
Tidur dalam gelap/ Sumber: Freepik.com

Nah, karena masalah ini, para ahli kesehatan akhirnya mencari tahu apa sebenarnya solusi yang tepat agar seseorang bisa mencapai tidur yang optimal dan berkualitas. Hasilnya menunjukkan bahwa jumlah cahaya di dalam ruangan berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Eksperimen telah menunjukkan bahwa tidur berkualitas dapat dicapai ketika seseorang tidur dalam kegelapan total. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat utama yang ditemukan para ilmuwan dengan orang-orang yang tidur dalam keadaan gelap.

Mengoptimalkan Produksi Melatonin

Melatonin adalah salah satu hormon penting yang ada dalam tubuh. Tingkat melatonin yang tepat diperlukan agar seseorang mengalami tidur yang berkualitas. Hormon ini disekresikan dari kelenjar pineal pada malam hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur sambil terpapar cahaya dapat mengurangi atau menunda produksi melatonin, yang pada akhirnya mengganggu siklus tidur. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur sambil terpapar cahaya dapat mengurangi atau menunda produksi melatonin, yang pada akhirnya mengganggu siklus tidur.
Tidur dalam gelap/ Sumber: Freepik.com

Meningkatkan Fokus Mental

Tidur dalam gelap tidak hanya mengurangi insomnia, tetapi juga meningkatkan fokus mental dan kewaspadaan sepanjang hari. Tidur yang sehat dapat meningkatkan kestabilan emosional seseorang dan dikaitkan dengan pencegahan penyakit mental seperti stres, kecemasan, dan depresi. 

Anti-Penuaan dan Anti-inflamasi

Selain efek relaksasi, tidur dalam gelap juga memiliki manfaat anti-penuaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa regenerasi sel lebih aktif ketika tubuh dalam keadaan istirahat total tanpa adanya cahaya. Tingkat regenerasi yang lebih tinggi ini mengarah pada efek anti-inflamasi dan keseimbangan hormonal yang pada gilirannya memungkinkan tubuh untuk pulih lebih cepat dan memperlambat proses penuaan.

Selain efek relaksasi, tidur dalam gelap juga memiliki manfaat anti-penuaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa regenerasi sel lebih aktif ketika tubuh dalam keadaan istirahat total tanpa adanya cahaya.
Manfaat Tidur dalam Gelap/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan mengapa kamu perlu mematikan lampu saat tidur. Selain itu, bukankah tidur dalam gelap juga menghemat lebih banyak energi?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id