sign up SIGN UP

LIFE

Bisa Bantu Redakan Stres, Cobain 4 Olahraga Ini Yuk!

Ade Irma Suryani | Selasa, 06 Oct 2020 18:00 WIB
Bisa Bantu Redakan Stres, Cobain 4 Olahraga Ini Yuk!
caption
Jakarta -

Stres adalah sesuatu yang memang tidak dapat dihindari. Meskipun begitu, kamu tetap bisa mengatasinya dengan cara yang baik. Salah satunya dengan melakukan olahraga yang dapat membantu redakan stres, seperti olahraga berikut ini.  

 

1. Jalan Kaki

Jalan kaki dapat meredakan stres.
Jalan Kaki/Freepik.com

Bagi kamu yang lebih tertarik dengan jenis olahraga yang mudah dan ringan, jalan kaki juga bisa menjadi olahraga yang tepat untukmu dalam meredakan stres. Kebiasaan olahraga jalan kaki akan bermanfaat dalam melepaskan ketegangan pada otot, menenangkan saraf, dan melatih pernapasan. Karena di saat kamu berjalan kaki, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, sehingga suasana hati dapat menjadi lebih baik.

Selain itu, sering jalan kaki juga dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes. Kamu dapat berjalan kaki di sekitar rumah saat pagi atau sore hari sambil melihat pemandangan sekeliling. 

 

2. Menari

Menari dapat membantu redakan stres.
Menari/Freepik.com

Ya! Menari merupakan salah satu olahraga kekinian yang menyenangkan sekaligus bermanfaat dalam meredakan stres. Hal ini lantaran menari juga dapat membantu tubuh untuk menghasilkan anti-depresan alami berupa hormon endorfin, sehingga dapat membantu menurunkan stres, depresi hingga kecemasan.

Apalagi ketika menari secara berkelompok dan diiringi musik, tentunya hal ini akan lebih menambah semangat dan membuat otak lebih fresh. Selain itu menarik juga dapat membakar banyak kalori, terutama tarian dengan gerakan aerobik. 

 

3. Kickboxing

Olahraga kickboxing dapat membantu redakan stres.
Kickboxing/Freepik.com

Bagi kamu yang selama ini sering stres dan kesal dengan tuntutan pekerjaan sehari-hari, kamu juga dapat memilih kickboxing sebagai olahraga pilihanmu. Gerakan meninju dan menendang dalam kickboxing akan membantumu untuk melepaskan stres. 

Tak hanya berhasil membantu menurunkan stres, cemas, amarah dan depresi, olahraga ini juga dapat membantu tubuh meningkatkan keseimbangan, kelenturan dan koordinasi tubuh jika dilakukan secara teratur. 

 

4. Berenang

Berenang dapat membantu redakan stres.
Berenang/Freepik.com

Berenang juga menjadi salah satu olahraga yang dapat meredakan stres. Jika kamu sedang mengalami stres atau suasana hati yang sedang buruk, cobalah untuk melepaskannya dengan berenang. Tak hanya dengan berenang saja, bersentuhan dengan air pun sudah membuat suasana hati menjadi lebih baik dan tenang.

Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan, bahwa olahraga renang bisa bermanfaat dalam menurunkan depresi, gangguan kecemasan, memperbaiki mood dan meningkatkan kualitas tidur.  

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id