sign up SIGN UP

Cara Agar Lepas dari Overthinking dan Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari

Diyah Wulandini | Kamis, 15 Jul 2021 22:30 WIB
Cara Agar Lepas dari Overthinking dan Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari

Overthinking merupakan sebuah perasaan cemas berlebihan yang mengganggu pikiran. Biasanya datang akibat penyesalan masa lalu atau kekhawatiran terhadap masa depan. Kamu perlu waspada, Beauties. Perasaan cemas yang tidak segera diatasi ini bisa menjadi pemicu stres.

Tidak jarang, kamu pun akan mendapati pola tidur kurang sehat ketika pikiran terus diliputi kecemasan. Dikutip dari detikHealth, menurut dr Lahargo Kembaren, SpKJ, psikiater dari RS SILOAM Bogor, gangguan pada pola tidur berdampak pada psikologis yang dipicu oleh stres, cemas, dan depresi.

Cara mengatasi overthinking sebelum tidur bisa dilakukan dengan mencari apa sumber kecemasan yang mengganggu. Selain itu, perlahan menggantinya dengan energi positif, agar kesehatanmu tetap terjaga. Mulai lakukan hal ini setiap kali pikiranmu sulit dikendalikan, ya:

Ceritakan Perasaanmu

Menceritakan perasaan yang mengganggu dapat membantu meredakan overthinking pemicu stress.
Bercerita untuk meredakan overthinking/foto: freepik.com/kroshka__nastya

Kamu perlu memberikan validasi pada diri sendiri, Beauties. Ceritakan apa yang sudah mengganggu akhir-akhir ini. Tidak jarang rasa cemas datang akibat waktu yang dihabiskan seorang diri. Memendam perasaan secara terus menerus bisa menyebabkan kelelahan psikis.

Selain bertemu orang lain, menceritakan perasaan juga bisa kamu lakukan melalui catatan harian. Jadikan catatan sebagai media bercerita yang selalu menemani setiap perasaan cemas datang mengganggu.

Cara mengatasi overthinking sebelum tidur ini merupakan salah satu proses healing yang bisa membantu meredakan kecemasan. Menuliskan satu persatu kekhawatiran akan membuatmu lebih lega juga.

Alihkan Aktivitas

Salah satu cara mengatasi overthinking sebelum tidur adalah dengan mengalikan perhatian melalui aktivitas menyenangkan, salah satunya menonton film.
Mengalihkan overthinking dengan kegiatan menyenangkan/foto: freepik.com/freepik

Berdiam diri di atas tempat tidur bukannya menambah energi, tapi justru mendatangkan overthinking? Mungkin ini saatnya kamu mengalihkan dengan aktivitas menyenangkan. Overthinking memang bisa datang tiba-tiba hanya karena kamu tidak tahu harus berbuat apa.

Mendengarkan musik favorit atau menonton serial drama yang seru bisa menjadi pilihan. Bukannya tidak menghargai apa yang sedang kamu pikirkan, tapi meredakan kecemasan dengan mengalihkan pada aktivitas menyenangkan juga merupakan salah satu proses healing.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id