sign up SIGN UP

Catat! Daftar Orang Ini Tidak Bisa Menerima Vaksinasi Covid-19, Duh... Kenapa ya?

Zeyra Haya | Minggu, 03 Oct 2021 09:30 WIB
Catat! Daftar Orang Ini Tidak Bisa Menerima Vaksinasi Covid-19, Duh... Kenapa ya?
caption

Selain pembatasan wilayah dan penerapan protokol kesehatan, vaksinasi pun merupakan bentuk upaya untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Diketahui saat ini Indonesia menjadi salah satu negara dengan laju vaksinasi tercepat.

Vaksinasi setiap harinya kian dikembangkan. Mulai dari berbagai varian vaksin yang datang ke Indonesia, hingga usaha pemerintah dalam mendistribusikan vaksinasi ke seluruh wilayah RI.

Daftar orang yang tidak boleh mendapat vaksin Covid-19. Siapa saja?/Foto: pexels.com/Alena Shekhovtcova
(Daftar orang yang tidak boleh mendapat vaksin Covid-19. Siapa saja?/Foto: pexels.com/Alena Shekhovtcova)

Seiring dengan optimalisasi pemerintah terhadap vaksinasi di Indonesia, sejumlah kabar terkini vaksin juga turut berubah. Salah satunya adalah daftar penerima vaksin.

Diketahui bahwa sebelumnya Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa terdapat beberapa kategori orang yang tidak bisa menerima vaksin. Adapun Kemenkes melalui Surat Keputusan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 mengeluarkan daftar orang yang tidak bisa menerima vaksin.

Telah Diperbaharui, Ini Dia Daftar Orang yang Tidak Bisa Menerima Vaksin Terbaru

Perlu kita ketahui bahwa beberapa orang dengan kategori tertentu tidak diizinkan untuk melakukan vaksinasi. Contohnya ibu hamil dan ibu menyusui.

Namun sekarang, pemerintah melalui Kemenkes telah memperbaharui daftar tersebut. Melalui Surat Edaran No. HK.02.01/I/ 2007/2021, kini ibu hamil dan ibu menyusui telah diperbolehkan untuk melakukan vaksinasi.

Lalu siapa saja yang tidak diperbolehkan melakukan vaksinasi? Beauties, berikut adalah daftar kontra indikasi vaksin Covid-19 menurut IDAI.

1. Orang yang Demam 37,5 derajat Celcius atau Lebih

Orang demam tinggi dilarang melakukan vaksinasi Covid-19. Ini alasannya/Foto: pexels.com/Polina Tankilevitch
(Orang demam tinggi dilarang melakukan vaksinasi Covid-19. Ini alasannya/Foto: pexels.com/Polina Tankilevitch)

Orang yang sedang demam tinggi tidak diperbolehkan melakukan vaksinasi. Vaksin sebaiknya dilakukan pada saat tubuh dalam kondisi yang baik dan sehat supaya pembentukan antibodinya lebih maksimum.

2. Pasca Imunisasi Lain Kurang dari 1 Bulan

Orang dengan riwayat imunisasi lain kurang dari 1 bulan dilarang vaksin Covid-19/Foto: pexels.com/FRANK MERINO
(Orang dengan riwayat imunisasi lain kurang dari 1 bulan dilarang vaksin Covid-19/Foto: pexels.com/FRANK MERINO)

Orang yang baru melakukan imunisasi atau vaksinasi lain kurang dari 1 bulan menjadi salah satu kategori yang tidak diperbolehkan mendapat vaksin Corona. Sebab vaksin Covid-19 memerlukan rentang waktu tertentu untuk bisa bekerja efektif pada tubuh.

3. Sedang Melakukan Kemoterapi atau Radioterapi

Pasien Kemoterapi dilarang vaksin Covid-19? Ini penjelasannya/Foto: pexels.com/Nataliya Vainkevich
(Pasien Kemoterapi dilarang vaksin Covid-19? Ini penjelasannya/Foto: pexels.com/Nataliya Vainkevich)

Pasien kemoterapi kerap mengalami penurunan tekanan darah. Demam yang terjadi pada saat tekanan darah rendah dapat membahayakan dan memerlukan penanganan medis khusus. Sementara Vaksin Covid-19 dapat menyebabkan demam dalam kurun waktu 24-48 jam pertama, maka pasien kemoterapi lebih baik menerima vaksin pada saat jumlah darah putih diperkirakan tidak akan rendah.

4. Diabetes Melitus Kronis

Penderita Diabetes akut tidak boleh menerima vaksin Covid-19 karena dapat membahayakan/Foto: pexels.com/Nataliya Vainkevich
(Penderita Diabetes akut tidak boleh menerima vaksin Covid-19 karena dapat membahayakan/Foto: pexels.com/Nataliya Vainkevich)

Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) merekomendasikan penyandang diabetes yang dapat menerima vaksin Covid-19 adalah penyandang diabetes melitus tipe 2 terkontrol dan HbA1c <7,5%. Sementara Penderita diabetes melitus kronis tidak disarankan mendapat vaksinasi karena gejala yang timbul dikhawatirkan akan membahayakan.

5. Pengidap Penyakit Sindrom Gullaian Barre

Penderita sindrom Gullain Barre masuk daftar orang yang tidak boleh menerima vaksin Covid-19/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Penderita sindrom Gullain Barre masuk daftar orang yang tidak boleh menerima vaksin Covid-19/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sindrom Guillain Barre adalah penyakit autoimun yang menyerang sistem syaraf tepi dengan gejala kesemutan dan otot melemah. Penderita Sindrom Guillain Barre tidak diizinkan mendapatkan vaksin Covid-19 karena keamanannya belum jelas.

Beauties, itulah beberapa kategori yang masuk dalam daftar terbaru orang yang tidak bisa menerima vaksin Covid-19. Semoga kamu senantiasa sehat selalu ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id