sign up SIGN UP

Telah Disetujui Kemenkes, Ketahui Syarat Vaksin Covid-19 untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Nisrina Salsabila | Selasa, 31 Aug 2021 13:30 WIB
Telah Disetujui Kemenkes, Ketahui Syarat Vaksin Covid-19 untuk Ibu Hamil dan Menyusui
caption

Kabar gembira! Kementerian Kesehatan RI telah menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 untuk ibu hamil dan ibu menyusui, melalui Surat Edaran No. HK.02.01/I/ 2007/2021. Vaksin untuk ibu hamil juga sudah mendapatkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).

Dilansir Detik News, sejumlah ibu hamil dilaporkan terkonfirmasi terjangkit Covid-19 bahkan mengalami gejala berat hingga kematian pada beberapa waktu terakhir.

vaksin covid-19
Ibu hamil termasuk kelompok rentan terpapar virus Covid-19/Foto: Pexels.com/anna shvets

Oleh karena itu, demi menekan risiko penularan bahkan kematian akibat Covid-19 pada ibu hamil, Kemenkes menginstruksikan ibu hamil sebagai target prioritas program vaksinasi Covid-19. Targetnya, sebanyak 3 juta ibu hamil menerima vaksinasi. Bahkan, per 19 Agustus 2021, Gubernur DKI Jakarta menyebutkan sebanyak 1.745 ibu hamil telah menerima vaksin dosis pertama.

Bila Beauties termasuk kelompok ibu hamil atau ibu menyusui, berikut info-info seputar vaksin Covid-19 yang perlu kamu tahu. Bagikan juga info ini kepada keluarga dan kerabat yang sedang hamil, ya!

Jenis Vaksin untuk Ibu Hamil dan Menyusui

vaksin covid-19
Jenis vaksin untuk ibu hamil/Foto: Pexels.com/artem podrez

Kemenkes menyatakan vaksin yang diperbolehkan untuk ibu hamil adalah Sinovac, Moderna atau vaksin Pfizer yang menggunakan platform mRNA maupun inactivated virus

Penyuntikan dosis pertama dilakukan saat trimester kedua kehamilan, kemudian dosis kedua diberikan sesuai interval dari jenis vaksin.

Pada setiap lokasi vaksinasi juga akan disediakan narahubung untuk mengantisipasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), atau bisa melalui keamananvaksin.kemkes.go.id.

Alasan Ibu Hamil Perlu Mendapat Vaksin Covid-19

vaksin covid-19
Alasan ibu hamil perlu mendapat vaksin/Foto: Pexels.com/PNW Production

1. Termasuk Golongan Rentan

Ibu hamil termasuk kelompok rentan terhadap infeksi virus Covid-19.

Hal ini berdasarkan pertimbangan tingginya jumlah kasus dan risiko ibu hamil yang terinfeksi Covid-19, serta dampaknya pada kehamilan dan bayinya. Apalagi, ini akan menjadi buruk jika fasilitas kesehatan tidak dapat menampung pasien akibat lonjakan kasus.

Kemudian, pada dasarnya seorang ibu merupakan “manajer” bagi keperluan rumah tangga yang membutuhkan mobilitas tinggi di dalam/luar rumah.

2. Telah Mendapat Anjuran POGI

Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) telah menganjurkan pemberian vaksin untuk ibu menyusui dan ibu hamil berisiko tinggi.

3. Menghindari Risiko Lahir Prematur pada Ibu Hamil Penderita Covid-19

Ibu hamil yang terinfeksi virus Corona lebih berisiko mengalami gejala parah di RS serta melahirkan bayi secara prematur.

4. Vaksin mRNA Aman bagi Janin

Penggunaan vaksin berbasis mRNA untuk ibu hamil diketahui lebih aman bagi janin karena tidak menembus plasenta. Namun, antibodi yang terbentuk pada tubuh ibu bisa menembus plasenta, sehingga janin pun akan memperoleh kekebalan terhadap virus Covid-19 sampai ia dilahirkan.

Syarat Vaksinasi untuk Ibu Hamil

vaksin covid-19
Persyaratan vaksinasi untuk ibu hamil/Foto: Pexels.com/CDC

Menurut instruksi Kemenkes, proses screening sebelum vaksinasi pada ibu hamil dilakukan lebih detail melalui format screening khusus pada kartu kendali.

Berikut syarat vaksinasi untuk ibu hamil:

  1. Usia kandungan tidak kurang dari 13 minggu, idealnya adalah antara 13 minggu sampai 33 minggu
  2. Tekanan darah normal
  3. Tidak sedang menjalani pengobatan dan jika memiliki komorbid harus dalam kondisi terkontrol
  4. Tidak punya gejala atau keluhan pre eklampsia 

Nah, setelah kamu mengetahui serba serbinya, tidak ada alasan untuk menunda vaksin, apabila memang sudah memenuhi syarat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id