sign up SIGN UP

LIFE

Cerita Ariel Tatum Mengidap Gangguan Mental Sejak Remaja

Ayuliy Lestari | Sabtu, 09 Jan 2021 16:15 WIB
Cerita Ariel Tatum Mengidap Gangguan Mental Sejak Remaja
caption

Ariel Tatum, artis yang mengawali kariernya sebagai seorang model ini ternyata mengidap gangguan kesehatan mental, Borderline Personality Disorder (BPD). Bahkan ia mengaku sudah mengalaminya sejak berusia remaja.

Diketahui borderline personality disorder (BPD) atau gangguan kepribadian ambang adalah sebuah kondisi yang muncul akibat terganggunya kesehatan mental seseorang. Kondisi ini berdampak pada cara berpikir dan perasaan terhadap diri sendiri maupun orang lain, serta adanya pola tingkah laku abnormal.

Mencari Bantuan Profesional di Usia 13 Tahun

Mengidap gangguan mental
Ariel Tatum/Instagram.com/arieltatum

Dilansir dari Haibunda, wanita dengan nama lengkap Steffhanie Michelle Gabriella Tatum ini menceritakan bahwa dengan kondisi tersebut, ia sulit mengenal citra dirinya sendiri bahkan ia bisa menjadi labil dengan perasaannya sendiri. Ariel pertama kali menyadari ada keanehan pada dirinya sendiri sejak usia 13 tahun. Saat itulah, ia pun mulai mencari bantuan profesional.

“Kalau gampangnya, BPD itu bahasa Indonesianya adalah kepribadian ambang. Jadi memang citra dirinya kurang jelas, ketika ABG suka labil, suka nggak tahu diri kita maunya apa,” cerita Ariel Tatum, dikutip dari YouTube channel Trans7 Official pada Jumat (8/1/2021).

Didiagnosis BPD di Usia 18 Tahun

Mengidap gangguan mental
Ariel Tatum/Instagram.com/arieltatum

Ariel juga mengungkapkan setelah mencari bantuan profesional, ia baru di diagnosis BPD saat usia 18 tahun. Kondisi mental yang dialaminya memang tidak bisa dianggap enteng bahkan bisa membuat pengidapnya melakukan hal yang buruk, sehingga harus selalu terkontrol.

Bahkan Ariel juga mengaku pernah menyakiti dirinya sendiri hingga beberapa kali mencoba untuk bunuh diri. Untungnya, hal tersebut dapat teratasi dan terkontrol dengan tepat.

“Pertama kalinya aku ngerasa ada yang aneh (di usia 13 tahun) saat aku melakukan self harm (menyakiti diri sendiri). Dari situ aku cari bantuan profesional dan bertahun-tahun setelah itu baru diagnosis BPD itu didapatkan, usia 18 tahun” ungkap Ariel Tatum.

Berpengaruh Pada Hubungan Asmara

Mengidap gangguan mental
Ariel Tatum/Instagram.com/arieltatum

Artis berusia 24 tahun ini pun mengakui bahwa kondisi mentalnya tersebut cukup mempengaruhi hubungan asmaranya. Membangun hubungan yang intim dengan lawan jenis merupakan hal yang sulit untuk ia lakukan bahkan membutuhkan usaha lebih untuk masuk ke sebuah hubungan romantis dan asosiasi dengan orang lain.

“Untuk membangun hubungan romantis itu dari dulu sulit buat aku, jadi butuh perjuangan yang lebih,” tuturnya.

Dilansir dari Halodoc,BPD memang dapat menimbulkan gangguan fungsi seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan hubungan interpersonal dengan sekitarnya. Seseorang yang mengidapBPD umumnya memiliki perasaan takut ditolak, cemas, tidak berarti, takut ditinggalkan atau marah.

 

 

 

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id