sign up SIGN UP

Ciri Kesehatan Vaginamu Terganggu, Jangan Diabaikan

Tim Redaksi Mommies Daily | Jumat, 13 Aug 2021 12:45 WIB
Ciri Kesehatan Vaginamu Terganggu, Jangan Diabaikan
caption
Jakarta -

Kadang banyak perempuan yang luput memperhatikan organ intim alias vaginanya. Padahal kesehatan vagina mempengaruhi kesehatan reproduksi kita secara keseluruhan loh.

Berikut tanda-tanda vaginamu sedang mengalami gangguan kesehatan. Jika mengalami ini, sebaiknya kamu lekas konsul ke dokter juga ya.

1. Vagina kering

Dimana jerawat vagina dapat terbentuk ketika kotoran, keringat dan bakteri menumpuk di dalam pori-pori yang akan menyebabkan peradangan.Dimana jerawat vagina dapat terbentuk ketika kotoran, keringat dan bakteri menumpuk di dalam pori-pori yang akan menyebabkan peradangan./ Foto: Intan Dwi

Tanda vagina kering bisa dirasakan saat kita merasa sakit ketika buang air kecil. bagi beauties yang sudah menikah, tandanya juga bisa dirasakan saat tengah berhubungan intim, biasanya akan merasakan nyeri.

Vagina kering biasanya berkaitan dengan kurangnya hormon estrogen di dalam tubuh. Tapi ada juga penyebab lain misalnya, pemakaian sabun di area vagina. Hal ini bisa diatasi dengan berkonsutasi dan menggunakan obat-obatan yang disarankan oleh dokter.

2. Bau tak sedap

Jangan salah, vagina memang mengeluarkan bau yang khas, dan itu normal. Namun ada kalanya, bau yang dikeluarkan tak seperti biasanya. itu biasanya disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi daerah vaginamu Beauties.

Infeksi bakteri ini juga bisa ditandai oleh munculnya keputihan yang berwarna hijau. Jika ini dibiarkan, infeksi bisa berkembang menjadi penyakit seks menular seperti trikomoniasis.

Cara mencegah infeksi bakteri ini adalah memastikan area vaginamu selalu bersih. Pilih juga bahan celana dalam yang baik dan tidak menimbulkan lembap. Namun jika infeksi sudah terlanjur terjadi, segera hubungi dokter ya.

3. Rasa Gatal dan Keputihan

Selain pencegahan, kamu juga harus melakukan perawatan di area vagina agar tidak ada jerawat yang muncul.Selain pencegahan, kamu juga harus melakukan perawatan di area vagina agar tidak ada jerawat yang muncul./ Foto: Intan Dwi

Apabila keputihanmu terjadi terus menerus dan warnanya kekuningan, lalu menimbulkan rasa gatal, bisa jadi jamur penyebabnya.

Sama halnya seperti bakteri, jamur juga tumbuh karena ketidakseimbangan PH di daerah vagina, serta kelembapan yang berlebihan.

Selain itu konsumsi gula berlebihan dan alkohol juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengatasinya secara alami, perbanyak konsumsi yoghurt dan air putih ya Beauties.

4. Pendarahan Tidak Teratur

Jika mengalami pendarahan di luar menstruasi, ini juga bisa menjadi pertanda vaginamu tidak sehat loh. Ini bisa terjadi karena iritasi. Penyebabnya. bisa banyak. Bisa jadi karena faktor higienitas, atau perlakuan kasar saat membersihkannya.

Masih ada banyak ciri lain vaginamu tak sehat. Baca di sini ya.

(ayk/ayk)

Our Sister Site

mommyasia.id