sign up SIGN UP

LIFE

Gejala Kelenjar Tiroid Bermasalah yang Patut Diwaspadai

Retno Wulandari | Minggu, 03 Jan 2021 20:45 WIB
Gejala Kelenjar Tiroid Bermasalah yang Patut Diwaspadai
caption

Ladies, kelenjar tiroid berfungsi mengendalikan hormon untuk metabolisme tubuh yang bisa mengalami gangguan atau terkena penyakit. Nah, ketika kelenjar tiroid bermasalah, maka kinerja organ tubuh bisa terganggu.

Lalu, seperti apa gejala yang ditimbulkan saat kelenjar tiroid bermasalah? Cari tahu jawabannya di bawah ini yuk!

Muncul Benjolan di Leher

Gejala Kelenjar Tiroid Bermasalah
Foto:Muncul Benjolan di Leher/freepik.com/

Kelenjar tiroid adalah organ kecil berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak di leher bagian depan dan melingkari tenggorokan. Ketika kelenjar tiroid bermasalah, maka gejala yang paling umum terjadi adalah munculnya benjolan di bagian leher. Kondisi ini juga bisa dikenal dengan gondok.

Perubahan Berat Badan Tanpa Sebab

Gejala Kelenjar Tiroid Bermasalah
Foto:Perubahan Berat Badan Tanpa Sebab/freepik.com/

Ladies, pernahkah kamu mengalami perubahan berat badan tanpa sebab? Bisa jadi hal ini disebabkan oleh kelenjar tiroid yang bermasalah. Yup, berat badan yang meningkat menjadi tanda kelenjar tiroid kurang aktif memproduksi hormon tiroid (hipotiroid). Sebaliknya, jika berat badan tiba-tiba menurun tanpa sebab, artinya kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid secara berlebihan (hipertiroid).

Mudah Kelelahan

Gejala Kelenjar Tiroid Bermasalah
Foto:Mudah Kelelahan/freepik.com/

Jika tubuh mudah lelah dan terasa kurang bertenaga saat melakukan aktivitas, padahal memiliki jam istirahat yang baik, bisa jadi ini merupakan salah satu gejala kelenjar tiroid yang bermasalah, Ladies.

Gejala ini muncul karena kelenjar tiroid kurang aktif memproduksi hormon tiroid. Ketika hormon tiroid terlalu sedikit, maka energi yang dihasilkan oleh tubuh juga minim. Inilah alasan mengapa tubuh mudah lelah saat beraktivitas meskipun memiliki jam istirahat yang cukup.

Gangguan Pencernaan

Gejala Kelenjar Tiroid Bermasalah
Foto:Gangguan Pencernaan/freepik.com/

Gejala kelenjar tiroid bermasalah selanjutnya adalah gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan adanya gangguan produksi hormon tiroid yang dapat membuat proses pencernaan jadi lebih lambat, sehingga membuat seseorang susah BAB. Sebaliknya, jika kelenjar tiroid terlalu aktif dapat menyebabkan diare.

Timbul Rasa Nyeri

Gejala Kelenjar Tiroid Bermasalah
Foto:Timbul Rasa Nyeri/freepik.com/

Rasa nyeri biasanya disebabkan oleh cedera. Namun, jika rasa nyeri muncul tanpa sebab yang jelas, bisa jadi ini merupakan gejala kelenjar tiroid sedang bermasalah. Hal ini dikarenakan produksi hormon terlalu sedikit dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Rasa nyeri akibat gejala kelenjar tiroid bermasalah biasanya muncul di bagian lengan, tungkai, atau tangan. Jika rasa nyeri ini dibiarkan begitu saja, maka dapat membuat saraf jadi rusak lho. 

Detak Jantung Berubah

Gejala Kelenjar Tiroid Bermasalah
Foto:Detak Jantung Berubah/freepik.com/

Selain karena mengonsumsi kafein berlebihan, jantung yang berdebar juga bisa disebabkan oleh hipertiroid. Sebaliknya, gejala kelenjar tiroid yang kurang atau tidak aktif (hipotiroid) bisa menyebabkan detak jantung lebih lambat dari biasanya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id