sign up SIGN UP

LIFE

Memakai Bra saat Tidur, Sebenarnya Boleh atau Tidak?

Nisrina Salsabila | Minggu, 18 Oct 2020 18:00 WIB
Memakai Bra saat Tidur, Sebenarnya Boleh atau Tidak?
caption
Jakarta -

Setiap orang tampaknya memiliki pendapat yang berbeda mengenai penggunaan bra ketika tidur. Begitu juga dengan artikel di internet, penuh dengan informasi yang saling bertentangan. Beberapa orang menyatakan bahwa memakai bra di tempat tidur berguna untuk mencegah payudara kendur dan membuat tampilannya lebih menarik. Sementara, kubu lain mengatakan hal itu dapat mengiritasi kulit, menghalangi kelenjar getah bening yang vital hingga dapat menyebabkan kanker payudara. Di sini, Redaksi Beatynesia telah merangkum kelebihan dan kekurangan dari penggunaan bra selama tidur. Go, check it out!

Apa Manfaat Mengenakan Bra Saat Tidur?

Kelebihan dan kekurangan penggunaan bra saat tidur
Mengenakan bra saat tidur/Foto: Pinterest

Mengenakan bra sepanjang hari diyakini banyak orang dapat mencegah payudara kendur. Pasalnya, mengenakan bra dianggap baik untuk menjaga bentuk dan struktur payudara. Prof. Kefah Mokbel, ahli bedah kosmetik, menyarankan bagi pemilik payudara besar atau yang baru saja menjalani operasi payudara untuk memakai bra di malam hari sebagai penopang dan menghentikan ketidaknyamanan.

Ahli bedah lainnya menambahkan bahwa saat berbaring, payudara berukuran besar yang tertarik terkulai ke samping memiliki kontribusi pada timbulnya stretch mark. Atas alasan itu, mengenakan bra setiap malam mungkin dapat sedikit memperlambat proses penuaan dan membantu mengatasi stretch mark.

Benarkan Memakai Bra Saat Tidur Dapat Mencegah Pengenduran?

Faktanya, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang mendukung teori penggunaan bra saat tidur bisa mencegah payudara kendur. Mengutip Dailymail, ahli bedah kosmetik, Angelica Kavouni, mengatakan bahwa mengenakan bra saat tidur mungkin dapat memberikan kenyamanan, akan tetapi tidak membantu melindungi payudara dari kekenduran, sebab bra tidak bisa mengembalikkan bentuk payudara seperti waktu muda. Ia berargumen, kulit payudara yang kendur dapat terjadi karena penyusutan setelah kehamilan, menyusui, penurunan berat badan secara tiba-tiba atau kurangnya kolagen karena faktor penuaan.

Kelebihan dan kekurangan penggunaan bra saat tidur
Melepas bra saat tidur/Foto: Pinterest

Tambahan lain dikemukakan oleh dokter kecantikan, Seth Rankin. Dikutip dari Cosmopolitan, ia menjelaskan pada dasarnya penyebab payudara kendur adalah tarikan gaya gravitasi terhadap massa payudara. Sementara, bra yang digunakan saat tidur sebagai penopang massa payudara agar tidak kendur ternyata tidak berpengaruh signifikan. Itu karena, secara alami efek gravitasi akan mendorong jaringan payudara kembali ke arah dada, bukan ke bawah. Jadi, pertanyaan tentang benarkah memakai bra saat tidur dapat mencegah payudara kendur? Jawabannya, tidak juga. Bagi Rankin, sulit untuk mengukur dampak penggunaan bra terhadap payudara saat tidur di antara banyak faktor signifikan lainnya.

Profesor Mokbel justru memperingatkan, mengenakan bra yang terlalu ketat saat tidur dapat memengaruhi fungsi payudara karena mengganggu sirkulasi peredaran darah dan kelenjar getah bening yang bertugas membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Akibatnya, terjadi penumpukan cairan tidak sehat yang dapat memicu pembengkakan dan sensitivitas yang menyakitkan, hingga berisiko berkembang menjadi kanker payudara.

Jadi, Pakai atau Lepas?

Kelebihan dan kekurangan penggunaan bra saat tidur
Contoh penggunaan sleeping bra/Foto: Pinterest

Kesimpulannya, memakai atau melepas bra saat tidur kembali lagi pada pilihan kenyamanan masing-masing individu. Jika kamu memilih untuk memakai bra selama tidur malam, pastikan untuk mengenakan bra yang sesuai dengan kondisi payudaramu, ya. Berikut tips yang wajib diperhatikan dalam memilih bra bagi kamu tim #sleepingwithbra:

  • Pilih bra berbahan lembut berlabel 80% kapas yang terbuat dari katun atau serat alami agar sirkulasi udara sekitar payudara berjalan lancar
  • Pakailah bra berukuran pas untuk memberi sokongan. Hindari memakai bra yang terlalu longgar maupun yang terlalu ketat dan berkawat. Bra berkawat berpotensi mendorong dada saat berbaring sehingga menyebabkan iritasi payudara.
Kelebihan dan kekurangan penggunaan bra saat tidur
Contoh tank bra pajama/Foto: Pinterest
  • Pilih sport bra, sleeping bra atau tank bra pajama (baju tidur yang pada bagian dadanya didesain seperti bra), sehingga membuat payudara leluasa bergerak.
  • Sebelum tidur, ganti bra yang usai kamu kenakan di pagi hari, terutama jika bra telah dipenuhi keringat.
(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id