sign up SIGN UP

LIFE

Good Bye Insomnia! Lakukan 5 Tips Jitu ini Agar Bisa Cepat Tidur

Dian Aprilia | Minggu, 10 Jan 2021 22:30 WIB
Good Bye Insomnia! Lakukan 5 Tips Jitu ini Agar Bisa Cepat Tidur
caption
Jakarta -

Apa kamu sering mengalami insomnia? Meski gangguannya ringan, insomnia kerap membuat kita jadi badmood, lemas, kurang konsentrasi, dan berbagai masalah lainnya. Insomnia bikin jam biologis jadi tidak teratur dan tentunya akan berdampak pada kesehatan fisik. Mulai dari masalah obesitas hingga penyakit jantung.    

Oleh sebab itu, kamu tak boleh lagi menyepelekan masalah ini ya. Apabila pernah mengalami insomnia, sebaiknya kamu mulai perbaiki kebiasaanmu agar bisa istirahat atau tidur secara teratur.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 hal yang bikin kamu cepat tidur dan mengatasi masalah insomnia:

Tidur di jam yang sama tiap malam

Tidur
Tidur/pexels.com

Bagi kamu yang sering gonta-ganti jam tidur atau begadang, kini saatnya kamu mulai mengubah kebiasaan buruk tersebut. Cara paling penting yang pertama adalah disiplin saat tidur.

Terapkan pola disiplin tersebut dengan tidur di jam yang sama tiap malam dan juga usahakan bangun di jam yang sama setiap harinya. Hal ini akan membuat tubuhmu memiliki ritme yang teratur setiap harinya.

Matikan peralatan elektronik

Ponsel
Ponsel/pexels.com

Cara selanjutnya adalah dengan mematikan semua alat-alat elektronik, seperti telepon seluler, tablet, televisi sekitar 1,5 jam sebelum tidur. Menggunakan peralatan elektronik sebelum tidur diyakini bisa mengganggu kualitas tidur dan membuat susah tidur.

Saat kamu tiba-tiba terbangun di tengah malam, disarankan untuk tidak menyalakan ponsel atau alat elektronik lainnya. Hal ini dikarenakan cahaya yang dipancarkan bisa menurunkan produksi hormon melatonin, yang membuat tidurmu terganggu.

Mandi air hangat

Mandi
Mandi/pexels.com

Aktivitas mandi air hangat dikenal ampuh untuk membuat tubuh rileks dan lebih nyaman. Bagi kamu yang sering susah tidur di malam hari, ‘treatment’ ini layak kamu coba, sebab dengan tubuh yang rileks kamu bisa tidur lebih cepat dan juga nyenyak.

Lakukan secara rutin saat mandi malam hari, dan rasakan perbedaannya dibandingkan dengan biasanya. Kamu juga bisa menambahkan dengan kebiasaan minum susu di malam hari, sebab kandungan triptofan dalam susu bisa mendorong rasa kantuk.

Konsumsi makanan berkarbohidrat

Nasi
Nasi/pexels.com

Konsumsi makanan kaya karbohidrat dengan jumlah yang cukup saat sebelum tidur bisa membantumu lebih cepat tertidur. Hal ini dikarenakan, karbohidrat mampu meningkatkan kadar hormon tryptophan yang bisa membuatmu lebih cepat mengantuk.

Namun tetap pastikan untuk tidak mengonsumsinya di jam-jam mepet akan tidur. Sebab, akan mengganggu proses pencernaan dalam tubuh. Sebaiknya kamu mengonsumsi makanan karbohidrat 4 jam sebelum tidur malam, agar proses pencernaan bisa berlangsung dengan lancar.

Melakukan latihan pernapasan

Latihan pernafasan
Latihan pernafasan/pexels.com

Terakhir, cara cepat untuk tidur yang bisa kamu lakukan adalah melatih pernapasan. Caranya, tarik napas melalui hidung selama empat hitungan. Kemudian tahan napas selama tujuh hitungan. Lalu, buang napas pelan-pelan melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi pola yang sama sebanyak 4 kali ya.

Jika dilakukan dengan rutin, latihan pernapasan ini diyakini ampuh membuat tubuh lebih rileks dan bikin kamu cepat tidur.

Coba praktekkan lima langkah di atas dengan rutin dan teratur ya. Semoga kamu bisa terhindar dari insomnia ya, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id