sign up SIGN UP

Hati-Hati, Kenali 4 Tanda Ini Ketika Imunitas Tubuhmu Melemah

Rani Mutiara | Jumat, 09 Jul 2021 16:15 WIB
Hati-Hati, Kenali 4 Tanda Ini Ketika Imunitas Tubuhmu Melemah
caption

Selama pandemi, banyak orang mulai semakin sadar terhadap kesehatan tubuh, mulai dari rutin berolahraga, mengonsumsi vitamin hingga menjaga kebersihan. Mencegah penularan virus ini memang sangat penting dilakukan, namun imunitas tubuh juga tak kalah penting.

Sekalipun kamu memiliki imun yang kuat, tidak berarti kamu bisa terbebas dari serangan virus. Hal ini dikarenakan imun tubuh bisa melemah akibat beberapa faktor, seperti kelelahan dan cuaca buruk. Inilah 4 tanda yang akan kamu rasakan jika imunitas tubuhmu melemah, Beauties!

1. Mudah Terinfeksi

Cold (freepik.com/evening_tao)
Mudah Terinfeksi/Sumber: Freepik.com/evening_tao

Sistem imun berperan penting dalam melindungi tubuh dari infeksi. Jika imun tubuh melemah, maka kamu akan semakin mudah terinfeksi, baik itu terinfeksi oleh bakteri maupun virus. Jika tidak segera diatasi, maka kamu akan terus-menerus terinfeksi dan tentu saja bisa memberikan efek yang mengerikan ke tubuh kamu.

2. Terus-Menerus Merasa Kelelahan

Exhausted (freepik.com/jcomp)
Merasa Kelelahan/Sumber: Freepik.com/jcomp

Merasa kelelahan karena abis beraktivitas seharian adalah hal yang wajar. Namun, pernahkah kamu merasa kelelahan padahal tidak banyak beraktivitas? atau mungkin kamu masih terus merasa kelelahan sekalipun sudah beristirahat cukup? Jika hal-hal tersebut sedang kamu alami, bisa jadi imunitas tubuhmu sedang melemah.

3. Sering Demam dan Terserang Flu

Fever (freepik.com/freepik)
Sering Demam Flu/Sumber: Freepik.com/freepik

Jika kamu terus-terusan mengalami demam dan flu, itu tandanya sistem imunmu sedang melemah. Karena demam itu sendiri merupakan reaksi alami tubuh dalam melawan infeksi virus atau bakteri. Sehingga jika kamu terlalu sering demam dan flu, itu pertanda tubuhmu sering terinfeksi dan segera butuh penanganan khusus dari dokter.

4. Sering Sariawan

Sore Throat (freepik.com/freepik)
Sariawan/Sumber: Freepik.com/freepik

Sariawan bisa terjadi karena kecerobohan kamu sendiri seperti tidak sengaja menggigit dinding mulut ataupun sikat gigi terlalu kuat hingga melukai dinding mulut. Namun, jika kamu sedang sariawan dan merasa tidak melakukan hal-hal tersebut, maka bisa jadi sistem imunmu sedang bermasalah. Hal ini bisa disebabkan karena stress berlebihan, kurang istirahat, dehidrasi maupun terinfeksi jamur.

Jika salah satu dari keempat tanda di atas sedang kamu alami, segeralah menemui dokter untuk tindakan lebih lanjut. Karena jika sistem imun yang lemah dibiarkan terus-menerus, maka akan mengakibatkan efek yang lebih berbahaya ke tubuhmu.

Tetaplah jaga kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara rutin. Stay safe, Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id