sign up SIGN UP

Jaga Imunitas, Ini Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Novia Rezki | Kamis, 08 Jul 2021 15:15 WIB
Jaga Imunitas, Ini Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh
caption

Lonjakan kasus covid-19 di Indonesia yang tengah meningkat tajam, membuat masyarakat gencar mengonsumsi berbagai suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya. Tak jarang, mereka memborong sejumlah suplemen untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat masyarakat memiliki waktu luang untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi. Untuk meningkatkan imunitas tubuh, ada beberapa jenis vitamin yang dapat kamu konsumsi. Simak di bawah ini ya, Beauties!

Vitamin C

Vitamin C membantu meningkatkan imunitas tubuh (foto: pexels.com/photomix company)
Vitamin C Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh/Sumber: Pexels.com/photomix company

Vitamin C kaya akan manfaat baik. Tidak hanya dipercaya dapat menjaga imunitas tubuh, ada juga manfaat lainnya yaitu membantu mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan. Di masa pandemi saat seperti ini, Vitamin C sangat perlu untuk dikonsumsi. Kamu dapat mengonsumsi vitamin C dari buah-buahan.

Beberapa buah yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, jambu biji, pepaya, kiwi, strawberry, mangga, lemon, dan nanas.

Vitamin D

Vitamin D membantu meningkatkan imunitas tubuh (foto: freepik.com/yuliyafurman)
Vitamin D Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh/Sumber: Freepik.com/yuliyafurman

Vitamin D termasuk ke dalam deretan vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh yang cukup penting. Vitamin D merupakan nutrisi yang cukup mudah larut dalam tubuh yang memiliki fungsi untuk sistem kekebalan tubuh.

Selain untuk meningkatkan imunitas tubuh, vitamin D juga sangat baik untuk pernapasan. Tidak hanya mendapatkan vitamin melalui sinar matahari pagi, kamu juga dapat mengonsumsi beberapa makanan yang kaya akan kandungan vitamin D. 

Maka dari itu, kamu dapat mengonsumsi sereal, ikan salmon, ikan tuna, ikan makarel, dan sarden.

Vitamin E

Vitamin E membantu meningkatkan imunitas tubuh (foto: freepik.com/spicytruffel)
Vitamin E Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh/Sumber: Freepik.com/spicytruffel

Sama halnya dengan vitamin C, vitamin E juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi. Vitamin E juga termasuk vitamin penting yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin E dengan mengonsumsi makanan seperti kacang almond, kacang hazel, biji bunga matahari, dan minyak kedelai.

Zinc

Zinc membantu meningkatkan imunitas tubuh (foto: pinterest.com/medicalmedium)
Zinc Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh/Sumber: Pinterest.com/medicalmedium

Zinc juga menjadi bagian vitamin penting dalam tubuh. Jika tubuhmu kekurangan zinc, maka akan mempengaruhi sistem imun sehingga lebih mudah meningkatkan risiko penyakit. Di tengah pandemi covid-19 yang masih melanda, zinc sangat diperlukan oleh tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan zinc pada tubuh, kamu dapat mengonsumsi makanan seperti daging merah, tiram, unggas, hingga yoghurt.

Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks membantu meningkatkan imunitas tubuh (foto: freepik.com/xb100)
Vitamin B Kompleks Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh/Sumber: Freepik.com/xb100

Sama seperti jenis vitamin lainnya, vitamin B kompleks sangat penting dalam menjaga daya tahan tubuh di antaranya vitamin B6 dan B12. Jika Anda kekurangan vitamin B6 dan B12 maka risiko datangnya penyakit menjadi lebih mudah.

Selain mengonsumsi suplemen, kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks dari sayur-sayuran hijau.

Beauties, itu dia beberapa jenis vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatanmu ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id