sign up SIGN UP

Hati-Hati, Sistem Imun Tubuh Bisa Menurun Gara-Gara 5 Kebiasaan Ini

Hijria Khatimi | Senin, 05 Jul 2021 19:15 WIB
Hati-Hati, Sistem Imun Tubuh Bisa Menurun Gara-Gara 5 Kebiasaan Ini
caption

Menjaga sistem imun tubuh tetap prima, penting dilakukan mengingat kondisi pandemi yang masih berlangsung. Selain dengan menjalankan protokol kesehatan, sistem imun tubuh yang baik menjadi faktor yang akan membuat kita terhindar dari infeksi virus Covid-19.

Karena itu, penting untuk menjaga agar sistem imun tubuh jangan sampai menurun. Salah satu caranya adalah dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang berakibat buruk bagi imun tubuh kita.

Kira-kira apa saja kebiasaan buruk yang harus kita hindari agar imun tubuh kita tetap prima? Yuk, simak lebih lengkapnya, Beauties!

1. Stres Berkepanjangan

Stres dapat menurunkan sistem imun tubuh
Stres dapat menurunkan sistem imun tubuh/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Kebiasaan yang menurunkan sistem imun tubuh pertama ialah kondisi stres berkepanjangan. Dilansir dari laman Everyday Health, John Spangler, MD selaku profesor bidang pengobatan keluarga dan komunitas di Carolina Utara mengatakan, kondisi stres yang berkepanjangan akan memicu hormon kortisol yang dapat melemahkan fungsi sel T yang berfungsi memerangi infeksi.

Oleh sebab itu, ketika mengalami stres sebaiknya segera atasi dengan melakukan hobi, mendengarkan musik favorit, atau mencari dukungan dari teman dan keluarga misalnya.

2. Berlebihan Konsumsi Makanan Mengandung Gula

Makanan manis berlebihan tak baik bagi sistem imun tubuh
Makanan manis berlebihan tak baik bagi sistem imun tubuh/Foto: Pexels/Igor Ovsyannykov

Apakah kamu termasuk penyuka makanan manis? Kalau iya, hati-hati jangan sampai mengonsumsinya berlebihan ya, Beauties. Pasalnya, konsumsi gula berlebihan dapat menurunkan sistem imun tubuh kita.

“Gula ini disukai bakteri jahat dan bisa menekan bakteri baik, kemampuan sel darah putih jadi lemah,” kata ahli gizi Rita Ramayulis, seperti dikutip dari CNN Indonesia. Lebih lanjut, Rita menyarankan agar idealnya, kita mengonsumsi gula sekitar 26 gram. Jumlah tersebut aman karena tak melebihi 5 persen dari energi total.

3. Kurang Mendapat Paparan Cahaya Matahari

Kurang cahaya matahari dapat menurunkan sistem imun tubuh
Kurang cahaya matahari dapat menurunkan sistem imun tubuh/Foto: Freepik/freepik

Selama pandemi kamu pasti sudah sering mendengar anjuran pemerintah dan para ahli kesehatan untuk di rumah saja. Meski begitu, jangan jadikan ini alasan untuk malas berjemur di pagi hari. Ini karena cahaya matahari baik untuk menguatkan sistem imun tubuh kita.

Masih menurut Rita Ramayulis, produksi vitamin D dalam tubuh dapat terpicu apabila kita berada di bawah cahaya matahari. Ia menyarankan untuk berjemur selama10-15 menit di bawah cahaya matahari pagi sekitar pukul 10.00.

4. Terlalu Banyak Begadang

Begadang tak baik bagi sistem imun tubuh
Begadang tak baik bagi sistem imun tubuh/Foto: Unsplash/benblenner

Kebiasaan terlalu banyak begadang tentunya menyebabkan kurang tidur yang berujung pada siklus tidur yang terganggu. Mengutip laman US News Health, kurangnya waktu tidur akan membuat sistem imun tubuh menurun dan membuat kita merasa lelah sepanjang hari.

Karena itu, David Topham, PhD yang merupakan ahli mikrobiologi dan imunologi dari Pusat Medis Universitas Rochester menyarankan, sebaiknya pastikan kita memiliki waktu tidur yang cukup dan memadai. Ini agar sistem imun tubuh kita dapat berfungsi dengan semestinya.

5. Kurangnya Aktivitas yang Memicu Gerak Tubuh

Kurang gerak bisa menurunkan sistem imun tubuh
Kurang gerak bisa menurunkan sistem imun tubuh/Foto: Freepik/yanalya

Kondisi pandemi ditambah diberlakukannya PPKM darurat membuat kita makin banyak menghabiskan waktu di rumah. Keadaan ini tak jarang berujung pada berkurangnya aktivitas yang memicu gerak tubuh.

“Kebiasaan kurang bergerak dan jarang berolahraga dapat menyebabkan menurunnya fungsi jantung,” ujar Topham. Tak hanya itu, kebiasaan buruk satu ini juga menurunkan imun tubuh dan meningkatkan potensi obesitas. Kamu bisa coba lakukan olahraga ringan untuk menghindari akibat buruk dari kebiasaan kurang bergerak ini.

Beauties, itu tadi 5 kebiasaan yang sebaiknya kamu hindari agar sistem imun tubuh tidak menurun. Semoga bermanfaat!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id