sign up SIGN UP

Selain Kembangkan Hobi, Tetap Produktif dengan 6 Kegiatan Ini Selama PPKM Darurat

Hijria Khatimi | Senin, 05 Jul 2021 10:00 WIB
Selain Kembangkan Hobi, Tetap Produktif dengan 6 Kegiatan Ini Selama PPKM Darurat
caption

PPKM darurat resmi diberlakukan pemerintah mulai 3 Juli hingga 20 Juli mendatang. Dengan diberlakukannya PPKM darurat ini, tentunya akan membuat kamu punya lebih banyak waktu di rumah. Biasanya, waktu luang selama di rumah dihabiskan dengan melakukan kegiatan-kegiatan santai seperti maraton nonton drama dan film, bermain game, atau hanya sekadar rebahan.

Sebagian dari kamu bisa jadi merasa kurang produktif kalau waktu luang hanya dihabiskan dengan bersantai ya, Beauties? Tapi tenang, biarpun di rumah saja, ada banyak hal-hal yang bisa dilakukan agar tetap produktif.

Berikut ini 5 inspirasi kegiatan produktif yang bisa kamu coba lakukan selama PPKM darurat.

1. Mempelajari Keterampilan Baru

Memanfaatkan ppkm darurat untuk belajar keterampilan baru
Memanfaatkan ppkm darurat untuk belajar keterampilan baru/Foto: Unsplash/Gewoonwouter

Kegiatan produktif selama PPKM darurat pertama adalah mempelajari keterampilan baru. Selama pandemi, semakin banyak kursus-kursus daring dengan berbagai tema yang bermunculan. Contohnya seperti kursus digital marketing, bahasa asing, desain grafis, dan sebagainya. Beberapa di antaranya bahkan bisa diikuti dengan gratis. Selain menguasai keterampilan baru, kamu juga bisa mendapat sertifikat yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik LinkedIn, lho.

2. Mengembangkan Hobi

Tetap produktif dengan mengembangkan hobi
Tetap produktif dengan mengembangkan hobi/Foto: Freepik/bearfotos

Masing-masing dari kita pasti punya hobi. Entah itu menulis, memasak, melukis, hingga berkebun. Dengan banyaknya waktu luang di rumah, kamu jadi punya banyak kesempatan mengembangkan hobimu. Mengutip dari laman Kettering Global milik Universitas Kettering di Amerika Serikat, mengembangkan hobi akan membantu kamu menjadi lebih berbakat, membuat pikiran lebih kreatif, serta menyehatkan mentalmu.

3. Merutinkan Olahraga

Olahraga agar produktif selama ppkm darurat
Olahraga agar produktif selama ppkm darurat/Foto: Unsplash/kateelue

Selagi punya banyak waktu luang selama PPKM darurat, tentunya bisa banget dimanfaatkan untuk merutinkan olahraga. Tak perlu olahraga berat, olahraga ringan seperti senam atau peregangan jika dirutinkan tentu akan meningkatkan kesehatan dan menambah imunitas tubuh kamu. Dilansir dari laman Healthline yang mengutip jurnal dari Pubmed Central, merutinkan olahraga memberikan manfaat seperti menurunkan risiko terkena penyakit kronis, menguatkan tulang dan otot, meningkatkan energi, hingga mempertajam daya ingat.

4. Memperbanyak Baca Buku

Produktif selama ppkm darurat dengan membaca buku
Produktif selama ppkm darurat dengan membaca buku/Foto: Pexels/Rahul Shah

Buku sebagai jendela dunia akan memberi kamu segudang manfaat seperti memperluas wawasan, menambah kosakata, hingga memberikan inspirasi baru. Bacalah buku apapun yang kamu senangi seperti novel, komik, atau buku pengembangan diri. Tak melulu buku fisik, kamu juga bisa coba membaca e-book agar lebih praktis dan hemat tempat.

5. Merapikan Rumah

Merapikan rumah agar produktif
Merapikan rumah agar produktif/Foto: Unsplash/Rodnae Productions

Kegiatan merapikan rumah mungkin terdengar sepele. Akan tetapi, kegiatan sederhana seperti merapikan rumah dapat mengurangi stres dan menyegarkan pikiran. Merapikan rumah tak sekedar menata kembali barang-barang yang berantakan. Lebih dari itu, kamu bisa membebaskan ruangan dari barang-barang tak terpakai, mendekorasi ulang ruangan dengan tanaman atau hiasan baru, hingga menata ulang posisi perabotan rumah untuk menciptakan suasana baru.

6. Mengikuti Berbagai Webinar

Mengikuti webinar selama ppkm darurat
Mengikuti webinar selama ppkm darurat/Foto: Freepik/tiracharzd

Selain kursus daring, webinar atau seminar daring juga semakin mudah ditemukan selama pandemi. Hal ini juga bisa kamu manfaatkan untuk tetap produktif selama PPKM darurat. Sama seperti kursus daring, webinar juga tersedia dalam berbagai tema mulai dari kesehatan mental, karir, akademik, hingga keagamaan. Pilihlah webinar dengan tema yang kamu sukai dan menghadirkan pembicara andal. Hal ini agar hasil maksimal bisa kamu dapatkan setelah mengikuti webinar tersebut.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id