sign up SIGN UP

LIFE

Ingin Tampil Percaya Diri dengan Gigi Putih? Ini 5 Cara Alami Mengatasi Gigi Kuning

Lulu Lukyani | Kamis, 08 Apr 2021 09:00 WIB
Ingin Tampil Percaya Diri dengan Gigi Putih? Ini 5 Cara Alami Mengatasi Gigi Kuning
Ilustrasi gigi putih/Freepik
Jakarta -

Perubahan warna gigi terjadi secara bertahap. Seiring bertambahnya usia, gigi bisa tampak lebih kuning atau gelap.

Jika ingin memutihkan gigi, harus berhati-hati karena mungkin produk yang digunakan bisa membuat email terkikis dan mengakibatkan gigi sensitif dan berlubang. Dilansir dari Healthline, berikut adalah lima cara alami untuk mengatasi gigi kuning yang bisa dilakukan di rumah.

1. Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa.
Minyak kelapa/Freepik

Minyak kelapa dapat menghilangkan plak dan bakteri dari mulut yang membantu memutihkan gigi. Untuk melakukan cara ini, gunakan minyak kelapa organik dengan kualitas tinggi.

Caranya, kumur 1 hingga 2 sendok teh minyak kelapa cair selama 10 hingga 30 menit. Jangan biarkan minyak menyentuh bagian belakang tenggorokan, apalagi menelannya.

Setelah itu, bilas mulut dengan air, minum segelas air penuh, dan lanjutkan dengan gosok gigi. Meski diyakini dapat membantu mengatasi gigi kuning, masih dibutuhkan studi lebih lanjut mengenai pengaruh minyak kelapa terhadap kesehatan mulut.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel.
Cuka sari apel/Freepik

Gunakan cuka sari apel dalam jumlah yang sangat sedikit untuk memutihkan. Buat obat kumur dengan mencampur 2 sendok teh cuka sari apel dan 6 ons air.

Kumur dengan larutan tersebut selama 30 detik. Kemudian, bilas dengan air hingga rasa tidak tersisa dan gosok gigi. Gunakan cuka sari apel dengan hati-hati. Cukup gunakan untuk waktu singkat karena dikhawatirkan akan merusak struktur permukaan gigi.

3. Kulit lemon, jeruk, atau pisang

Buah lemon.
Buah lemon/Freepik

Beberapa orang meyakini bahwa menggosokkan kulit lemon, jeruk, atau pisang pada gigi akan membuatnya tampak lebih putih.

Adanya senayawa d-limonene atau asam sitrat yang ditemukan di beberapa kulit buah jeruk diyakini mampu membantu memutihkan gigi.

4. Arang aktif

Arang.
Arang/Freepik

Kamu bisa menggunakan arang aktif untuk menghilangkan noda pada gigi. Arang dipercaya mampu menghilangkan pigmen dan noda dari gigi. Selain menggunakan langsung arang aktif, kamu bisa juga mencoba pasta gigi yang mengandung arang dan diklaim dapat memutihkan gigi.

5. Makan buah dan sayur

Ilustrasi makan salad.
Ilustrasi makan salad/Freepik

Mengonsumsi buah dan sayur dengan kandungan air yang tinggi dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Kandungan air tersebut dipercaya mampu membersihkan gigi dari plak dan bakteri.

Mengunyah buah setelah makan dapat meningkatkan produksi air liur. Ini dapat membantu menghilangkan sisa makanan yang menempel di gigi.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id