sign up SIGN UP

SKINCARE

Salah Kaprah! Hati-hati Menggunakan Bahan Alami untuk Wajah

Shinta Nikmah | Selasa, 10 Nov 2020 07:00 WIB
Salah Kaprah! Hati-hati Menggunakan Bahan Alami untuk Wajah
caption

Perawatan kulit tidak melulu soal klinik dan berbagai jenis treatment-nya. Kalian bisa menggunakan bahan-bahan alami yang bahkan bersumber dari dapur untuk merawat kulit.

Banyak dokter kecantikan dan beauty influencer yang menyarankan penggunaan bahan alami. Bahan alami tersebut diklaim dapat mengatasi peradangan jerawat, mencerahkan wajah, atau bahan scrub.

Namun harus diketahui, tidak semua bahan alami bisa langsung digunakan ke kulit lho Ladies. Salah-salah bukannya menjadi cantik tapi malah iritasi. Nggak mau kan pastinya. Nah, apa saja sih bahan-bahan yang sebenarnya tidak boleh langsung diaplikasikan ke kulit wajah?

Cuka Apel

Cuka Apel
Cuka Apel/ Foto: freepik.com

Cuka apel telah lama populer dan digadang-gadang menjadi bahan dapur yang bagus untuk mengurangi peradangan jerawat di kulit wajah. Bahkan beberapa menyarankan cuka apel untuk digunakan sebagai toner untuk membuat wajah menjadi lebih glowing.

Sesuai namanya, cuka apel bersifat asam dan termasuk bahan yang cukup keras. Kadar pH yang dimiliki cuka apel sangat rendah yakni di angka 2-3. Apabila diaplikasikan langsung tanpa campuran air, maka akan timbul efek samping.

Efek samping yang timbul seperti iritasi, efek gatal atau panas, serta kulit menjadi kering. Jadi, hati-hati ya dalam menggunakan cuka apel, karena sebenarnya cuka apel tidak disarankan untuk kulit. Hati-hati ya pemilik kulit sensitif!

Lemon

Lemon
Lemon untuk Kulit/ Foto: freepik.com

Banyak yang berasumsi bahwa lemon memiliki kandungan yang sangat baik untuk mencerahkan wajah. Memang benar, namun lebih baik jika kalian menggunakan lemon yang sudah diekstrak ke dalam produk. Namun banyak orang yang termakan tips bahwa mengoleskan lemon ke kulit dapat mencerahkan.

Faktanya, lemon memiliki pH di angka 2, padahal pH kulit wajah berkisar 4 - 5,5, sehingga apabila mengoleskan lemon atau air lemon secara langsung ke wajah, maka bisa terjadi iritasi bahkan ruam. Ruam tersebut bisa semakin buruk dan menyakitkan apabila terkena sinar matahari. 

Pasta Gigi

Pasta Gigi
Pasta Gigi/ Foto: freepik.com

Nah, pasti kamu pernah mendengar bahwa mengoleskan pasta gigi mampu mengempeskan jerawat. Pasta gigi yang mengandung anti bakteri dipercaya ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Padahal faktanya adalah, zat anti bakteri seperti triklosan sudah tidak boleh lagi digunakan pada pasta gigi karena memberi dampak buruk pada produksi hormon tiroid. Zat-zat kimia yang terkandung dalam pasta gigi malah menimbulkan iritasi pada kulit dan sensasi terbakar.

Kalau ingin menghilangkan jerawat, sebaiknya jangan percayakan pada pasta gigi ya, Ladies. Masih banyak bahan lain yang lebih aman untuk mengurangi jerawatmu.

Baking Soda

Baking Soda
Baking Soda/ Foto: freepik.com

Jika cuka apel dan lemon memiliki pH yang rendah alias bersifat asam, maka baking soda kebalikannya. PH yang dimiliki baking soda ada di angka 9 yang berarti sangat basa. Angka pH tersebut tentu tidak cocok untuk kulit sebab nilainya berbeda jauh. 

Beberapa artikel mungkin menyarankan baking soda untuk masker atau bahkan scrub. Well, sepertinya kamu harus berhenti menggunakan baking soda dari sekarang, sebab baking soda mampu menghilangkan keseimbangan pH kulit wajah. Efek samping penggunaan baking soda adalah iritasi dan menjadikan kulit kering.

Minyak Kelapa

minyak kelapa
Coconut Oil/ Foto: freepik.com

Minyak kelapa dipercaya dapat memberikan kelembapan bagi kulit. Untuk kulit tubuh mungkin iya, tapi untuk kulit wajah, sebaiknya jangan. Minyak kelapa diklaim mampu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit.

Kandungan pada minyak kelapa juga dipercaya dapat mengurangi jerawat. Tapi, minyak kelapa juga bersifat comedogenic. Artinya minyak kelapa mampu menyumbat pori-pori, sehingga minyak alami kulit, bakteri, dan sel kulit mati tidak bisa keluar.

Bakteri dan sel kulit mati yang tertahan di dalam kulit dapat menyebabkan munculnya komedo dan jerawat. Jadi, lebih baik gunakan bahan lain yang lebih gentle untuk kulit wajah dan tentunya tidak menyumbat pori-pori. Jadi, hati-hati dulu ya sebelum menggunakan bahan alami. Apalagi bagi kamu pemilik kulit sensitif.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id