sign up SIGN UP

LIFE

Inilah Penyebab dan Cara Mencegah Perut Kembung Setelah Berolahraga

Intan Dwi | Sabtu, 20 Feb 2021 11:30 WIB
Inilah Penyebab dan Cara Mencegah Perut Kembung Setelah Berolahraga
caption
Jakarta -

Setelah berolahraga, hampir semua orang mungkin akan merasa lelah, bersemangat dan kembung. Beberapa dari kalian mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, “kenapa perut terasa kembung setelah olahraga?”

Tubuh berkeringat selama 30-60 menit selama sesi olahraga, tubuh kamu sebenarnya tampak menahan air setelahnya, tetapi itu bukan hal yang aneh. Berikut ini adalah penyebab dan cara mencegah perut kembung setelah berolahraga.

Waktu makan yang berdekatan

Makan terlalu dekat dengan waktu kamu latihan itu dapat menyebabkan kembung.
Waktu makan yang terlalu dekat/freepik.com

Makan terlalu dekat dengan waktu kamu latihan itu dapat menyebabkan kembung, karena olahraga menarik aliran darah dari saluran GI ke otot-otot yang bergerak. Karena darah yang dialihkan, pencernaan kamu melambat dan bisa membuat kamu merasa kembung.

Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi serat, lemak atau protein menjelang olahraga juga dapat menyebabkan kembung. Makanan ini membutuhkan waktu untuk dicerna dan kamu membutuhkan aliran darah yang cukup dalam sistem GI untuk mendorong pencernaan yang efisien.

Mencegahnya kamu bisa dengan rencanakan waktu makan dengan memberi diri kamu waktu setidaknya satu jam sebelum berolahraga tanpa makan. Jadi lebih baik menyelesaikan makanan kamu 2-3 jam sebelum olahraga, tergantung pada intensitas.

Minum terlalu banyak air

Kombinasi antara berkeringat dan minum banyak air dapat menyebabkan kadar natrium dalam tubuh turun, sehingga tubuh kamu menahan air
Minum terlalu banyak air/freepik.com

Hidrasi memang menjadi bagian penting ketika ingin melakukan rutinitas olahraga apapun, tetapi ada yang namanya terlalu banyak minum air. Jika kamu minum lebih banyak air daripada yang dapat dikeluarkan tubuh kamu dalam jangka waktu tertentu, kamu mungkin mengalami kembung.

Kombinasi antara berkeringat dan minum banyak air dapat menyebabkan kadar natrium dalam tubuh turun, sehingga tubuh kamu menahan air. Cara menghindari kembung kamu bisa merehidrasi tubuh dengan benar.

Membantu tubuh pulih dari kehilangan natrium melalui keringat, kamu bisa mempertimbangkan rehidrasi dengan elektrolit (natrium, kalium, kalsium) untuk memulihkan keseimbangan cairan tubuh.

Pernapasan berat

Ketika kamu berolahraga, secara alami laju pernapasan akan meningkat karena kamu mengerahkan lebih banyak tenaga.
Pernapasan berat/freepik.com

Ketika kamu berolahraga, secara alami laju pernapasan akan meningkat karena kamu mengerahkan lebih banyak tenaga. Namun, pernapasan yang intens atau cepat selama latihan sering kali dapat menyebabkan kamu menelan udara dan udara di saluran pencernaan dapat menyebabkan kamu merasa kembung.

Pernapasan berat memang bisa menyebabkan kembung, solusinya jangan menahan napas atau mencoba berhenti sama sekali saat berolahraga. Sebaiknya kamu fokus pada napas yang rendah dan stabil, bila memungkinkan bernapaslah melalui hidung untuk menghindari terengah-engah atau menelan terlalu banyak udara.

Respon stres tubuh

Jika kamu juga bisa mengalami peningkatan kadar kortisol (hormon stres) pasca olahraga dan peningkatan kadar kortisol secara kronis dapat menyebabkan peningkatan retensi cairan.
Respon stres tubuh/freepik.com

Olahraga yang intensif dapat memicu respon tubuh kamu lari atau melawan yang kemudian dapat menyebabkan sistem GI melambat dan menyebabkan kembung. Jika kamu juga bisa mengalami peningkatan kadar kortisol (hormon stres) pasca olahraga dan peningkatan kadar kortisol secara kronis dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan retensi cairan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id