sign up SIGN UP

LIFE

4 Makanan yang Harus Dikonsumsi Bagi Penderita Hormon Estrogen Tidak Seimbang

Intan Dwi | Rabu, 17 Feb 2021 12:30 WIB
4 Makanan yang Harus Dikonsumsi Bagi Penderita Hormon Estrogen Tidak Seimbang
caption
Jakarta -

Estrogen merupakan hormon yang berperan penting untuk memelihara dan mengembangkan karakteristik seksual wanita serta proses reproduksi di dalam tubuh. Jika ingin menyeimbangkan tingkat estrogen membutuhkan tubuh dan pikiran yang sehat dan bergizi.

Hormon ini juga memfasilitasi lingkungan yang sehat untuk embrio setelah pembuahan dan membantu wanita melewati siklus menstruasi. Oleh karena itu, ketidakseimbangan estrogen dapat melemahkan wanita.

Ketidakseimbangan estrogen sendiri dipengaruhi sejumlah faktor, seperti stres penyakit, kurang tidur, kebiasaan makan yang tidak sehat, kadar kortisol tinggi, fase pubertas dan menopause.

Dari situ secara langsung akan memengaruhi tubuh dan menyebabkan sejumlah penyakit, seperti berat badan, kelelahan, rambut menipis dan kesuburan menurun. Berikut ini ada beberapa makanan yang bisa menyeimbangkan tingkat estrogen dalam tubuh.

Alpukat

Hanya dengan makan setengah buah alpukat setiap harinya maka kamu akan mengalami pelepasan estrogen dalam tubuh.
Alpukat/unsplash.com

Alpukat memang menjadi salah satu buah yang sangat luar biasa dengan beragam manfaat kesehatan dan menjadi salah satu buah yang paling populer. Karena alpukat dikemas dengan potasium, zinc, lemak tak jenuh tunggal, folat dan serat makanan.

Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin, mereka mengandung vitamin B5, B6, C, E dan K. Hanya dengan makan setengah buah alpukat setiap harinya maka kamu akan mengalami pelepasan estrogen dalam tubuh. Alpukat berperan menyeimbangkan kadar estrogen dalam tubuh serta menjaga kulit tetap bercahaya dan sehat.

Telur

Selain berkontribusi secara substansial untuk menjaga kesehatan reproduksi tubuh, telur juga meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh.
Telur/freepik.com

Telur merupakan salah satu makanan paling sehat dan paling serbaguna di dunia ini, tapi sebagian orang memilih tidak konsumsi kuning telur dengan alasan kesehatan. Rupanya itu adalah sebuah kesalahpahaman, karena kuning telur meningkatkan kolesterol HDL dalam tubuh bukan kolesterol jahat, LDL.

Selain berkontribusi secara substansial untuk menjaga kesehatan reproduksi tubuh, telur juga meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Makanan super kaya vitamin ini menjaga kulit tetap bersih, baik di dalam maupun luar dengan membuang racun yang tidak perlu dari tubuh. Kamu bisa konsumsi tiga butir telur setiap harinya untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Sayuran berdaun hijau

Sepertinya hampir semua masalah kesehatan dapat diatasi dengan konsumsi sayuran berdaun hijau secara teratur.
Sayuran berdaun hijau/freepik.com
 

Sepertinya hampir semua masalah kesehatan dapat diatasi dengan konsumsi sayuran berdaun hijau secara teratur. Sayuran berdaun hijau kaya akan antioksidan, zat besi, kalsium, mangan dan zinc. Sayuran berdaun hijau termasuk bayam, kangkung dan brokoli sangat padat nutrisi.

Sayuran itu secara efektif menghambat kembung, kram yang menyakitkan dan perubahan suasana hati. Sayuran berdaun hijau bagus untuk metabolisme estrogen dan membantu menyeimbangkan kadar hormon.

Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan, seperti almond dan kenari, memungkinkan kamu untuk mengatasi ketidakseimbangan estrogen dalam tubuh secara efektif.
Kacang-kacangan/freepik.com

Mengonsumsi kacang-kacangan, seperti almond dan kenari, memungkinkan kamu untuk mengatasi ketidakseimbangan estrogen dalam tubuh secara efektif. Tinggi protein, antioksidan dan omega-3, kamu bisa makan kacang kapan saja sepanjang hari.

Karena kacang-kacangan menyeimbangkan sekresi estrogen dalam tubuh dan meningkatkan keseimbangan mereka secara keseluruhan. Kacang juga membantu mengatasi efek samping ketidakseimbangan hormon, seperti jerawat, depresi, kecemasan dan perubahan suasana hati.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id