sign up SIGN UP

Jadi Konsumsi Setiap Hari, Ternyata Deretan Makanan yang Ini Bisa Mempercepat Proses Penuaan Dini! Nggak Nyangka Banget

Dimitrie Hardjo | Selasa, 17 Aug 2021 09:30 WIB
Jadi Konsumsi Setiap Hari, Ternyata Deretan Makanan yang Ini Bisa Mempercepat Proses Penuaan Dini! Nggak Nyangka Banget
caption

Kulit sehat dan awet muda memang didambakan perempuan. Untuk mendapatkannya, banyak faktor penyebab penuaan dini yang perlu dihindari, salah satu yang paling sering disebutkan adalah sinar matahari.

Radikal bebas yang dilepaskan akan mempercepat rusaknya sel kulit. Namun, tahukah kamu kalau terdapat beberapa makanan penyebab penuaan dini? Dilansir dari CNN Indonesia, inilah 7 makanan dan minuman yang dapat mempercepat proses penuaan dini yang perlu kamu ketahui, Beauties.

1. Kentang Goreng

Kentang goreng/
Kentang goreng/ Foto: pexels.com/dzeninalukac

Kentang goreng menjadi makanan yang dapat memicu penuaan dini. Walaupun rasanya enak, tapi kentang goreng melepaskan radikal bebas karena dimasak pada suhu tinggi.

Proses paparan kulit terhadap radikal bebas ini menyebabkan terbentuknya ikatan silang yang memengaruhi molekul DNA sehingga elastisitas kulit dapat berkurang. Garam pada kentang goreng juga melepaskan kandungan air pada kulit, membuatnya dehidrasi, Beauties. Karena itu, kamu bisa mengganti kentang goreng dengan pilihan lebih sehat, seperti ubi yang menstimulasi produksi kolagen.

2. Roti Putih

Roti putih/
Roti putih/ Foto: pexels.com/catscoming

Advanced Glycation End Products (AGEs) merupakan protein atau lemak yang yang terglikasi jika tercampur gula. Karbohidrat bercampur protein menghasilkan AGEs seperti yang terdapat dalam roti putih.

Indeks glikemik yang tinggi ini akan berakibat munculnya tanda-tanda penuaan dini hingga penyakit kronis, misalnya diabetes. Karena itu, kita perlu mengurangi makanan, seperti roti putih, dan beralih ke roti gandum untuk menghindarinya.

3. Gula

Gula/
Gula/ Foto: pexels.com/suzyhazelwood

Gula juga salah satu kandungan yang mendorong terbentuknya AGEs. Sel-sel kulit dan kolagen dalam kulit pun akan rentan rusak oleh karena konsumsi gula berlebih. Walaupun begitu, jika kamu pecinta makanan dan minuman manis, kamu bisa mengganti gula ini dengan madu.

4. Margarin

Margarin/
Margarin/ Foto: pexels.com/karolinagrabowska

Margarin memiliki minyak terhidrogenasi parsial yang tinggi. Asam lemak trans dari margarin menyebabkan kulit lebih rentan terhadap reaksi sinar UV.

Jika hal ini terjadi, maka kolagen dan elastisitas kulit akan lebih mudah rusak. Sebagai pengganti margarin, kamu bisa menggunakan minyak zaitun yang tinggi antioksidan untuk memperlambat penuaan.

5. Daging Olahan

Daging olahan/
Daging olahan/ Foto: pexels.com/nicolaspostiglioni

Daging olahan, seperti sosis dan bacon, mengandung natrium, lemak jenuh, dan sulfit yang relatif tinggi. Ketiga kandungan tersebut memicu pelepasan air dari kulit, membuatnya dehidrasi, serta melemahkan kolagen dan memicu peradangan pada kulit sehingga kulit tidak bisa mengoptimalkan proteksinya terhadap tanda-tanda penuaan.

Daging rendah lemak akan menjadi pilihan baik sebagai substitusi daging olahan. Daging rendah lemak tersebut seperti daging kalkun atau ayam.

6. Produk Susu

Produk susu/
Produk susu/ Foto: pexels.com/iritaantonevica

Dairy atau produk susu memang sering dianjurkan untuk dihindari demi menjaga kesehatan kulit. Namun, penelitian memberikan hasil yang berbeda-beda akan signifikansi pengaruh susu terhadap kulit.

Hal ini disebabkan produk susu dapat menyebabkan stres oksidatif pada beberapa orang akibat terjadinya peradangan dalam tubuh oleh produk susu. Stres oksidatif inilah yang memicu penuaan dini pada seseorang. Kamu bisa mengganti produk susu dengan konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, dan buah untuk mendapatkan kalsium.

7. Soda, Kopi, dan Alkohol

Soda, kopi, dan alkohol/
Soda, kopi, dan alkohol/ Foto: pexels.com/dominikaroseclay

Selain makanan, terdapat 3 minuman yang dapat mempercepat penuaan dini, Beauties, yaitu soda, kopi, dan alkohol. Saat soda dan kopi dan mengganggu aktivitas tidur yang sangat dibutuhkan untuk menghindari garis halus dan kerutan, alkohol menyebabkan hilangnya kolagen kulit yang juga pemicu munculnya kerutan.

Selain itu, alkohol juga menghilangkan kadar vitamin A yang sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit. Sebagai gantinya, kamu wajib mengonsumsi air putih untuk menjaga kulit agar senantiasa terhidrasi dengan baik dan penuaan dini dapat dihindari.

Itulah makanan dan minuman yang mempercepat penuaan dini, Beauties. Ternyata makanan di atas dekat dengan kita dan sering jadi bahan konsumsi sehari-hari ya. Ada baiknya mulai sekarang untuk dikurangi ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id