sign up SIGN UP

LIFE

Jadi Salah Satu Rempah Termahal, Inilah Manfaat Kesehatan dari Saffron

Lulu Lukyani | Rabu, 07 Apr 2021 09:00 WIB
Jadi Salah Satu Rempah Termahal, Inilah Manfaat Kesehatan dari Saffron
caption
Jakarta -

Saffron merupakan rempah yang berasal dari bunga crocus sativus yang  masih satu keluarga dengan buka bakung. Rempah yang akan antioksidan ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal karena proses panennya yang sulit. Di samping itu, saffron juga dihargai karena manfaatnya yang melimpah.

Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah manfaat kesehatan dari saffron, mulai dari menurunkan berat badan hingga mencegah penyakit kronis.

1. Meningkatkan antioksidan

Rempah saffron.
Rempah saffron/Freepik

Menurut sebuah ulasan tahun 2015, saffron memiliki antioksidan aktif, termasuk crocin, picrocrocin, safranal, kaempferol, dan crocetin.

Antioksidan trsebut membantu melawan stres oksidatif dan radikal bebas dalam tubuh yang mampu memicu penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

2. Mencegah gangguan saraf

Rempah saffron.
Rempah saffron/Freepik

Studi tahun 2015 mencatat bahwa senyawa dalam saffron, seperti crocin, mampu mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif di otak.

Studi lain mengatakan bahwa saffron secara teoritis mampu mengatasi gejala Alzheimer karena sifatnya yang meningkatkan daya ingat, efek antiinflamasi, dan efek antioksidan.

3. Meningkatkan mood

Rempah saffron.
Rempah saffron/Freepik

Sebuah studi di Journal of Behavioral and Brain Science menemukan bahwa ekstrak rempah saffron mampu meningkatkan kadar dopamin di otak.

Meski beberapa studi merekomendasikan penggunaan saffron dengan efek memperbaiki mood dan suasana hati, terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa saffron bisa dijadikan obat gejala depresi.

4. Mengurangi gejala PMS

Rempah saffron.
Rempah saffron/Freepik

Saffron juga bermanfaat untuk mengurangi gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Pasalnya, beberapa gejala PMS dapat mengganggu aktivitas.

Sebuah ulasan taun 2015 mengenai kaitan saffron dan gejala PMS mencatat, wanita berusia 20-45 tahun yang mengonsumsi 30 mg saffron setiap hari memiliki gejala PMS yang lebih sedikit.

5. Membantu menurunkan berat badan

Rempah saffron.
Rempah saffron/Freepik

Ada pula beberapa bukti yang menunjukkan bahwa saffron dapat membantu mengurangi nafsu makan sekaligus menurunkan berat badan.

Sebuah studi di Jurnal Penelitian Kardiovaskular dan Toraks menemukan bahwa konsumsi ekstrak saffron dapat membantu penderita arteri koroner mengurangi berat badannya.

Selain itu, orang yang rutin mengonsumsi suplemen saffron juga bisa menurunkan berat badan dibandingkan dengan mengonsumsi plasebo.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id