sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Diabaikan, Ini 5 Penyebab Munculnya Bau Badan yang Harus Kamu Kenali

LIFIA MAWADDAH PUTRI | Minggu, 28 Jun 2020 19:00 WIB
Jangan Diabaikan, Ini 5 Penyebab Munculnya Bau Badan yang Harus Kamu Kenali
caption
Jakarta -

Bau badan tak sedap bukan hanya mengganggu, hal ini juga membuat jadi enggak percaya diri. Bagi sebagian orang, meskipun sudah rajin mandi dan memakai deodoran tetap mengalami masalah ini. Ternyata, penyebab bau badan bukan hanya karena keringat berlebih saja lho. Sebab, ada pula orang yang selalu menghabiskan waktu dalam ruangan ber-AC namun tetap mengeluarkan bau badan yang tak sedap. Nah, Beautynesia punya jawabannya untukmu. Yuk simak rangkumannya berikut ini!

Obesitas

Obesitas bisa akibatkan bau badan
Obesitas/freepik.com

Orang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki aroma tubuh yang kurang sebab. Sebab, seseorang yang mengalami obesitas memiliki banyak pori-pori yang tersembunyi di lipatan-lipatan tubuhnya. Area lipatan tersebut biasanya hangat, beruap dan gelap. Akibatnya bakteri penyebab bau badan pun dapat berkembang dengan cepat pada bagian ini.


Makanan yang Dikonsumsi

Jangan salah, makanan yang kita konsumsi juga dapat mempengaruhi aroma tubuhmu lho. Makanan-makanan yang dapat mengakibatkan bau badan antara lain seperti bawang merah, bawang putih dan kari. Makanan ini bisa menimbulkan bau badan karena memiliki kandungan zat alisin. Selain itu, brokoli, kubis, brussels dan sayuran lainnya yang termasuk cruciferous juga dapat mempengaruhi aroma tubuh. Alasannya karena makanan tersebut mengandung sulfur dan sulfida.

Obat-Obatan Tertentu

Obat-obatan tertentu juga bisa mengakibatkan bau badan
Obat-Obatan/freepik.com

Obat-obatan antipsikotik dan antidepresan biasanya menyebabkan efek samping bau badan. Apalagi jika kamu menggunaan aspirin dan acetaminophen secara berlebihan. Hal tersebut dapat mengakibatkan tubuh memproduksi keringat secara berlebih.

Sering Menahan Buang Air

Hayo, siapa yang suka malas dan menunda buang air? Untuk sebagian orang mungkin sering menahan buang air. Nah, hal ini juga bisa menjadi penyebab bau badan lho, Beautynesian! Sebab, segala macam sisa pembuangan yang mengendap di dalam tubuhmu mengandung racun. Kemudian, racun-racun tersebut pun akan dilepaskan melalui pori-pori. Sehingga menahan buang air dapat menyebabkan penumpukan ammonia dan konsentrasi tinggi yang keluar melalui keringat.

Infeksi

Kulit yang infeksi bisa berakibat aroma tubuh jadi tak sedap
Infeksi/freepik.com

Kulit yang terinfeksi juga dapat menjadi penyebab bau badan. Bakteri yang hidup di kulit yang terinfeksi bisa menghasilkan keringat berurea. Keringat inilah yang menjadi penyebab badanmu menimbulkan bau tak sedap. Jadi, kalau kamu mengalami infeksi kulit sebaiknya segera diatasi agar bakteri mikroorganisme enggak berkembang dan menimbulkan bau badan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id